Ketua DPRD Sulsel Ingatkan Sudirman Segera Bangun Stadion Mattoanging

Dikhawatirkan mangkrak setelah masa jabatan Sudirman habis

Makassar, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan atau DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, kembali menekankan kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging. Dia meminta kepada Andi Sudirman Sulaiman selaku Gubernur Sulsel untuk berkomitmen melanjutkan pembangunan stadion yang telah dirobohkan itu.

Pernyataan ini disampaikan Andi Ina saat membacakan sambutan pada sidang paripurna Hari Jadi ke-353 Sulsel yang berlangsung di gedung DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022). Dia mengatakan bahwa pada peringatan Hari Jadi ke-352 Sulsel tahun 2021 lalu, pihaknya juga telah mengingatkan Sudirman yang kala itu masih menjabat pelaksanaan tugas gubernur untuk melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging.

"Hari ini kembali kami kembali menekankan kepada gubernur bahwa sangatlah diperlukan adanya komitmen yang teguh terkait kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging agar segera dapat dimulai dan direalisasikan, Demikian halnya dengaan pembangunan rumah sakit regional dan rest area," kata Andi Ina.

1. Dikhawatirkan mangkrak

Ketua DPRD Sulsel Ingatkan Sudirman Segera Bangun Stadion MattoangingAlat berat dikerahkan untuk membongkar bangunan Stadion Mattoanging, Rabu (21/10/2020). IDN Times/Istimewa

Penekanan Andi Ina bukan tanpa alasan mengingat masa jabatan Sudirman akan berakhir 5 September 2023 atau kurang dari setahun lagi. Sementara di sisi lain, Stadion Mattoanging sama sekali belum dikerjakan. 

Hal tersebut dikhawatirkan akan membuat proyek itu terbengkalai ketika Sudirman tak lagi menjabat sebagai Gubernur Sulsel. Pasalnya tak sedikit proyek yang berakhir tanpa kabar ketika pemimpin pemerintahan berganti.

"Hal ini perlu kami ingatkan karena dalam banyak kejadian, berakhirnya masa jabatan kepala daerah terkadang menyisakan proyek mangkrak, meninggalkan bangunan-bangunan yang tidak memiliki kejelasan dalam hal kelanjutan pembangunannya," kata Andi Ina.

2. Sudirman ungkap kendala pembangunan

Ketua DPRD Sulsel Ingatkan Sudirman Segera Bangun Stadion MattoangingGubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Humas Pemprov Sulsel)

Menjawab hal tersebut, Sudirman mengatakan pihaknya terus mengupayakan semua penyelesaian proyek termasuk Stadion Mattoanging. Proyek tersebut pernah dilelang dua kali tahun ini namun gagal. 

Sudirman mengaku sebenarnya memiliki kesempatan untuk menunjuk langsung kontraktor yang siap mengerjakan fisik stadion tersebut. Hanya saja dia enggan menempuh cara itu karena tak mau terkesan mengintervensi. 

"Itu nilainya besar, Rp66 miliar. Saya memiliki kesempatan untuk menunjuk pekerjanya, saya tidak lakukan. Karena saya tidak melaksanakan intervensi terhadap pekerjaan infrastruktur," katanya.

Baca Juga: Proyek Stadion Mattoanging Batal Dikerjakan Tahun Ini

3. Sudirman pastikan proyek Stadion Mattoanging berlanjut

Ketua DPRD Sulsel Ingatkan Sudirman Segera Bangun Stadion MattoangingDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sudirman mengaku lebih mementingkan keselamatan pelaksanaan secara keseluruhan. Untuk Stadion Mattoanging, pihaknya juga terus berupaya agar proyek ini tidak berakhir sia-sia. Hanya saja memang ada proses yang harus dilalui.

"Kami terus menganggarkannnya. Kami bersepakat dengan anggota DPRD untuk tidak mengganggunya tetapi tentu proses-proses terus berjalan. Ada proses yang harus kita ketahui bersama tapi tentu tidak untuk menjadi hal-hal yang harus kita perdebatkan bersama," kata Sudirman.

Dia pun mengambil contoh Masjid 99 Kubah yang merupakan peninggalan gubernur sebelumnya yakni Syahrul Yasin Limpo. Walaupun masjid itu bukan dibangun di eranya namun dia tetap melanjutkan pembangunan yang sempat mangkrak selama tiga tahun.

"Saya ingin menyampaikan bahwa yang berganti adalah orannya. Gubernurnya tidak pernah berganti. Ini adalah uang rakyat yang masuk sehingga kami harus melanjutkan karena amanah rakyat lebih penting daripada kepentingan kekuasaan," katanya.

Baca Juga: Fraksi Golkar dan PPP Kecewa Stadion Mattoanging Tak Kunjung Dibangun

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya