Kepala Daerah Maju Pilkada, Lima Daerah di Sulsel Dipimpin Pjs

Tiga nama calon Pjs diusulkan untuk setiap daerah

Intinya Sih...

  • Lima daerah di Sulawesi Selatan akan diisi penjabat sementara (Pjs) karena kepala daerahnya mengajukan cuti untuk ikut kampanye Pilkada 2024.
  • Pemprov Sulsel mengusulkan tiga nama calon Pjs dari pejabat eselon II untuk setiap daerah, namun Kemendagri yang akan menentukan siapa yang bakal memimpin daerah tersebut.
  • Ada 15 nama yang diusulkan untuk menjadi Pjs, termasuk Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Fatmawati Rusdi, Budiman, Andi Akbar Leluasa, Andi Muchtar Yusuf, Edy Manaf, Chaidir Syam, Suhartina Bohari, Yohanis Bassang, dan Frederik Victor Palimbong.

Makassar, IDN Times - Lima daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) dipastikan segera diisi penjabat sementara (Pjs). Hal ini seiring dengan keikutsertaan para kepala daerahnya pada kontestasi Pilkada 2024.

Lima daerah itu yakni Kota Makassar, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Toraja Utara. Daerah-daerah ini akan diisi Pjs karena kepala daerah mengajukan cuti untuk ikut kampanye Pilkada.

"Lima daerah yang Pjs, Makassar, Lutim, Bulukumba, Maros, Toraja Utara mulai setelah penetapan. Ditunggu SK-nya cuti kampanye. Kan 20 September penetapan," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sulsel, Idham Kadir, Selasa (3/9/2024).

1. Tiga nama calon Pjs diusulkan untuk setiap daerah

Kepala Daerah Maju Pilkada, Lima Daerah di Sulsel Dipimpin PjsPj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh menyerahkan SK remisi secara simbolis kepada WBP di Lapas Kelas 1 Makassar, Sabtu (17/8/2024). (Dok. Kanwil Kemenkumham Sulsel)

Idham mengatakan nama-nama calon Pjs kini sementara berproses. Pjs diusulkan dari pejabat eselon II Pemprov Sulsel.

Pemprov hanya mengusulkan tiga nama untuk masing-masing daerah. Namun Kemendagri yang akan menentukan siapa yang bakal memimpin daerah tersebut.

"Kita usul ke Kemendagri. Kan cuma cuti 60 hari kekosongan. Tiga nama masing-masing daerah," kata Idham.

2. Nama-nama kepala daerah yang cuti kampanye dikirim ke Kemendagri

Kepala Daerah Maju Pilkada, Lima Daerah di Sulsel Dipimpin PjsPj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh (kanan) menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan nama-nama kepala daerah yang akan maju Pilkada telah dikirimkan kepada Kementerian Dalam Negeri hari ini. Zudan mengapresiasi kepala daerah yang langsung mengajukan cuti dua bulan selama masa kampanye.

"Kan, harus cuti dan beliau-beliau memilih cuti. Itu bagus daripada 2 hari cuti 2 hari masuk. Pasti akan ada suara-suara yang tidak enak," kata Zudan.

Selain itu, ada 15 nama yang diusulkan untuk menjadi Pjs. Setiap daerah diusulkan masing-masing tiga nama.

3. Daftar kepala daerah yang cuti kampanye

Kepala Daerah Maju Pilkada, Lima Daerah di Sulsel Dipimpin PjsPj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh. (Dok. Kementan)

Adapun kelima kepala daerah yang digantikan Pjs karena maju di Pilkada yaitu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto maju di Pilgub Sulsel. Saat ini, Danny tak punya wakil sehingga ketika dia cuti, dia harus langsung digantikan oleh Pjs.

Fatmawati Rusdi yang pada periode ini mendampingi Danny sebagai wakil, harus mundur lebih dulu karena keikutsertaannya pada Pemilu 2024. Namun Fatma justru ikut lagi maju di Pilgub Sulsel sebagai wakil mendampingi Andi Sudirman Sulaiman.

Kemudian, ada Budiman dan Andi Akbar Leluasa, yang sama-sama maju sebagai pertahana di Pilkada Luwu Timur. Demikian juga dengan pasangan Andi Muchtar Yusuf dan Edy Manaf yang maju kembali di Pilkada Bulukumba.

Di Pilkada Maros, ada Chaidir Syam dan Suhartina Bohari yang maju sebagai calon petahana. Di Toraja Utara, petahana Bupati Yohanis Bassang justru berhadapan dengan wakilnya yaitu Frederik Victor Palimbong. Keduanya sama-sama maju menjadi calon bupati.

Baca Juga: Danny Pomanto Ajukan Cuti Dua Bulan untuk Maju Pilgub Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya