Kejuaraan Softball Internasional Makassar Open Kembali Digelar

7 negara dijadwalkan akan meramaikan

Makassar, IDN Times - Kejuaraan Makassar Open 2023 International Men and Women Softball Tournament kembali akan digelar. Gelaran olahraga softball ini baru dilaksanakan kembali setelah masa pandemik COVID-19.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, selaku Ketua Umum Pengprov Perserikatan Baseball-Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sulsel mengatakan Makassar Open 2023 ini kembali digelar setelah tiga tahun absen akibat pandemik COVID-19. Danny mengatakan pertandingan ini telah menjadi seri kejuaraan yang diakui oleh dunia. 

“Disambut baik oleh pemain dunia, dan mereka akan hadir menunjukkan skill terbaiknya,” kata Danny di Hotel Karebosi Premier, Minggu (10/09/2023).

1. Digelar selama 8 hari

Kejuaraan Softball Internasional Makassar Open Kembali DigelarKonferensi pers Makassar Open Softball Tournament di Hotel Karebosi Premier, Minggu (10/09/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Agenda berskala internasional ini akan digelar selama delapan hari mulai 17-24 September mendatang di Lapangan Karebosi, Kota Makassar. Gelaran ini diharapkan mampu meningkatkan sport tourism bagi Makassar, Sulawesi Selatan. 

Pasalnya, banyak atlet internasional yang akan hadir dalam ajang tersebut. Turnamen ini akan diikuti beberapa negara diantaranya Jepang, Philipina, Papua Nugini, New Zealand, Malaysia, Kanada, dan Indonesia. 

Untuk turnamen, ini ada 12 tim yang akan bertanding. Dengan rincian, ada 6 tim laki-laki dan 6 tim perempuan yang akan berpartisipasi.

2. Danny ajak pelajar ikut pembukaan turnamen

Kejuaraan Softball Internasional Makassar Open Kembali DigelarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Lebih lanjut, Danny juga akan mengajak para pelajar SD/SMP kota Makassar untuk hadir dalam pembukaan turnamen softball ini. 

“Agar generasi penerus kita juga bisa melihat langsung dan siapa tau kita menemukan bibit-bibit atlet softball selanjutnya,” katanya. 

3. Diharapkan jadi motivasi bagi atlet lokal

Kejuaraan Softball Internasional Makassar Open Kembali DigelarIlustrasi softball. (keloland.com)

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar, Ahmad Susanto, berharap turnamen internasional ini bisa menjadi motivasi bagi atlet-atlet Indonesia secara umum dan Makassar secara khusus.

"Saat ini, Makassar fokus pada pembinaan dan penjaringan atlet-atlet agar bisa berprestasi pada kejuaraan-kejuaraan yang digelar baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional," katanya.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya