Kebakaran Dinas Kesehatan Sulsel Hanguskan Semua Ruangan Lantai 2

Masih diidentifikasi barang-barang apa saja yang terbakar

Makassar, IDN Times - Api melahap lantai dua gedung Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar, Kamis (30/7/2020) pagi. Pihak Dinas tengah mengidentifikasi barang apa saja yang dilahap api pada kejadian itu.

Kebakaran terjadi di Kantor Dinkes Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, pada pagi hari.  Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, para pegawai di kantornya tetap masuk kerja dengan memanfaatkan gedung lain.

"Saya akan mengidentifikasi untuk membagi teman-teman kantor, untuk sementara sambil juga saya perintahkan sama staf untuk mencoba mengidentifikasi barang-barang yang terbakar," kata Ichsan di lokasi kejadian, Kamis.

1. Semua barang di lantai dua dipastikan hangus terbakar

Kebakaran Dinas Kesehatan Sulsel Hanguskan Semua Ruangan Lantai 2Kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Ichsan mengatakan, dia mendapat laporan soal kebakaran pada Kamis pagi sekitar pukul 6.15 Wita. Saat dia mengetahui soal kejadian itu, api sudah menjalar dan menghanguskan semua ruangan di lantai dua.

Belum diketahui apa penyebab kebakaran. Usai api dipadamkan, tim laboratorium forensik dari kepolisian menggelar olah tempat kejadian perkara.

"Kita tentu belum tahu apa penyebabnya. Yang pasti bahwa barang-barang yang ada di atas ini tentu sudah terbakar semua dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Ichsan.

2. Api melahap semua ruangan di lantai dua

Kebakaran Dinas Kesehatan Sulsel Hanguskan Semua Ruangan Lantai 2Kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Ichsan menyebut, kebakaran menghanguskan sejumlah ruangan kantor di lantai dua. Di antaranya ruang perencanaan, ruang keuangan, dan bagian farmasi. Menurut laporan saksi, diduga api berasal dari ruang perencanaan.

"Pada saat kejadian saya tidak di tempat. Tapi berdasarkan cleaning service yang pertama kali lihat memang kan jam 06.00 WITA ya, persiapan untuk kebersihan. Jadi cuma satpam saja yang ada dan cleaning service," kata Ichsan.

3. Api cepat menjalar karena material kayu

Kebakaran Dinas Kesehatan Sulsel Hanguskan Semua Ruangan Lantai 2Kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar Elodewata Wahid mengatakan hampir seluruh ruangan di lantai dua kantor terbakar. Di lokasi kebakaran juga tampak banyak kertas yang terbakar. Ditambah lagi sebagian material gedung adalah kayu sehingga membuat api sangat cepat menjalar.

Material kayu juga sempat jadi hambatan pada proses pemadaman. Sebab petugas khawatir kayu yang terbakar roboh dan mengenai mereka.

"Makanya kita juga hati-hati tadi masuk. Kita hantam dulu dari luar kemudian anggota banyak yang masuk ke dalam. Tapi alhamdulillah kita bisa kuasai cepat," ucap Elo.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya