Kasus Baru COVID-19 di Sulsel Naik Lagi, Hari ini Tembus 106 Pasien

Tertinggi selama 2022

Makassar, IDN Times - Kasus positif COVID-19 di Provinsi Sulawesi Selatan kembali meningkat. Hari ini, Kamis (3/2/2022), berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, tercatat ada tambahan 106 kasus baru sehingga total kasus terkonfirmasi telah mencapai 110.453 kasus.

Tambahan kasus baru hari ini lebih tinggi dibandingkan dengan kemarin yang tercatat 39 kasus. Tambahan hari ini juga merupakan angka tertinggi selama memasuki tahun 2022.

Sebelumnya, angka kasus harian COVID-19 Sulsel juga terbilang landai karena nyaris selalu di bawah 10 kasus. Peningkatan itu mulai terlihat pada 27 Januari 2022 lalu di mana tercatat 20 kasus baru.

1. Angka kesembuhan dan kematian tidak bertambah

Kasus Baru COVID-19 di Sulsel Naik Lagi, Hari ini Tembus 106 Pasienilustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, angka pasien sembuh tidak bertambah atau nol. Dengan demikian, total angka pasien sembuh sejauh ini masih 107.876 orang. 

Kasus meninggal dunia juga tidak bertambah atau nol. Dengan demikian, angka kematian di Sulsel usai dinyatakan positif terpapar COVID-19 tetap berjumlah 2.245 kasus.

2. Sudirman ingatkan warga perketat prokes

Kasus Baru COVID-19 di Sulsel Naik Lagi, Hari ini Tembus 106 Pasienilustrasi anak memakai masker (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengingatkan warganya memperketat protokol kesehatan 5M. Peringatan itu seiring meningkatnya jumlah kasus COVID-19 secara nasional akibat varian Omicron.

Protokol kesehatan 5M yang dimaksud adalah, memakai masker, mencuci tangan pakai air dan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Dan pastikan sudah melakukan vaksin lengkap untuk menghindari fatality (kematian) ketika terpapar COVID-19, termasuk varian Omicron yang memiliki penyebaran tinggi," kata Andi Sudirman, dikutip dari laman Pemprov Sulsel, Sabtu (29/1/2022).

3. Tempat isolasi mulai dipersiapkan kembali

Kasus Baru COVID-19 di Sulsel Naik Lagi, Hari ini Tembus 106 PasienSituasi lokasi isolasi mandiri di Asrama Haji Sudiang di Makassar,Selasa (27/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Arman Bausat telah menyatakan pihaknya mulai mewaspadai peningkatan kasus COVID-19. Pemprov Sulsel pun kini mempersiapkan kembali tempat isolasi terpusat bagi masyarakat yang terkonfirmasi aktif COVID-19. 

Saat kasus masih cukup tinggi, Pemprov memanfaatkan sejumlah lokasi sebagai tempat isolasi terpusat.
"Kesiapan pemerintah sekarang kita sudah mulai siapkan Asrama Haji  Kita mulai siapkan BPSDM kembali," kata Arman.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya