Jelang Ramadan, Plt Gubernur Sulsel Minta Pemuka Agama Divaksinasi 

Pemuka agama banyak berinteraksi dengan masyarakat

Makassar, IDN Times - Menjelang Ramadan, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan supaya vaksinasi diprioritaskan bagi guru mengaji, penceramah, ustad, dan marbot. 

Hal itu disampaikan Sudirman dalam agenda Coffee Morning, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (22/3/2021). Sudirman mengatakan vaksinasi itu dimaksudkan untuk menjaga kondisi kesehatan masyarakat di bulan Ramadan nanti. 

"Yang saya juga minta karena mau Ramadan, pengkhotbah, ustad, imam masjid, marbot, guru mengaji anak-anak itu divaksin semua," kata Sudirman.

1. Bukan hanya untuk pemuka agama Islam

Jelang Ramadan, Plt Gubernur Sulsel Minta Pemuka Agama Divaksinasi Ilustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Sudirman mengatakan vaksinasi untuk pemuka agama penting. Sebab, aktivitas masyarakat khususnya, umat muslim akan lebih banyak untuk beribadah di masjid dan tempat-tempat pengajian saat bulan Ramadan. 

Dengan begitu, kalangan itulah yang akan lebih sering berinteraksi dengan masyarakat. Meski demikian, Sudirman mengatakan vaksinasi tersebut tidak hanya difokuskan untuk pemuka agama Islam saja. 

"Bahkan termasuk tokoh agama lainnya seperti pendeta dan sebagainya itu divaksin semua," kata Sudirman.

2. Sudirman juga ingatkan soal vaksinasi guru

Jelang Ramadan, Plt Gubernur Sulsel Minta Pemuka Agama Divaksinasi IDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Dalam kesempatan yang sama, Sudirman juga kembali menegaskan kepada Dinas Kesehatan untuk memprioritaskan vaksinasi kepada tenaga pendidik mulai pengajar di tingkat SD hingga perguruan tinggi sampai pada bulan Mei 2021 nanti.

Sudirman mengatakan tenaga pendidik harus diprioritaskan untuk menjalani vaksinasi. Hal itu berdasarkan target Presiden di mana sekolah tatap muka sudah akan dibuka pada Juni mendatang.

Untuk itu, dia berharap Dinas Kesehatan mendata jumlah semua guru yang ada di Sulsel untuk menjalani vaksinasi. 

"Ini kan Maret, April, Mei, dua bulan kedepan selesai semua guru, ter-cover semua guru," katanya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di Sulsel, Jokowi Harapkan Semua Guru Divaksinasi

3. Vaksinasi terus digenjot

Jelang Ramadan, Plt Gubernur Sulsel Minta Pemuka Agama Divaksinasi Ilustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sementara itu, Dinas Kesehatan Sulsel mencatat hingga kini total sasaran vaksinasi di Sulsel sebanyak 6,4 juta orang yang dibagi dalam tiga kategori. Ketiganya yakni sumber daya kesehatan atau tenaga kesehatan, petugas publik dan lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari, menjelaskan target pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan pada tahap pertama dan kedua sudah mencapai lebih dari 100 persen.

"Minggu ini sampai dua minggu ke depan, kita terus usahakan vaksinasi. Kedua, untuk para lansia dan petugas publik," katanya.

Baca Juga: Sudirman Instruksikan Pemda di Sulsel Percepat Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya