Jelang Ramadan, Harga Gula dan Cabai di Makassar Naik

Harga bahan pokok di pasar tradisional juga ada yang turun

Makassar, IDN Times - Harga sejumlah bahan pokok di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terpantau naik menjelang bulan Ramadan 1443 Hijriah. Kenaikan antara lain ditemui pada harga gula pasir dan cabai-cabaian.

Seorang warga Makassar, Ria (40) menyatakan tetap membeli kebutuhan pokok meski ada kenaikan harga. Menurutnya kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan sebab masih dapat ditoleransi. Dia masih maklum dengan kenaikan harga jelang bulan Ramadan yang terjadi hampir setiap tahun. 

"Kan biasa memang begitu toh kalau mau Ramadan. Jadi ya dibeli saja daripada tidak ada. Kita kan butuh," kata Ria, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak Goreng

1. Harga cabai naik cukup signifikan

Jelang Ramadan, Harga Gula dan Cabai di Makassar NaikIlustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Harga bahan pokok seperti gula pasir di Pasar Pabaeng-baeng terpantau naik dari Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram. Harga cabai merah naik dari Rp25 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Kenaikan juga terjadi pada harga cabai keriting yang naik dari Rp20 ribu menjadi Rp36 ribu per kilogram. Sedangkan cabai hijau juga naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Di Pasar Terong, gula pasir yang biasanya dijual Rp12.500 per kilogram kini naik menjadi Rp15 ribu. Begitu pun dengan gula pasir kemasan yang biasa dijual Rp14 ribu, kini menjadi Rp16 ribu per kilogram.

Harga cabai rawit juga naik dari Rp35 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram. Cabai hijau juga naik dari Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram. 

2. Harga daging sapi stabil

Jelang Ramadan, Harga Gula dan Cabai di Makassar NaikIlustrasi pedagang daging sapi di Makasssar, Sulawesi Selatan. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Meski begitu, sejumlah bahan pokok juga terpantau menurun. Di Pasar Pabaeng-baeng, harga daging sapi cenderung menurun tipis dari Rp120 ribu menjadi Rp115 ribu per kilogram. Daging ayam broiler juga turun dari Rp35 ribu jadi Rp30 ribu per kilogram.

Di Pasar Terong, harga telur turun dari Rp45 ribu menjadi Rp35 ribu per rak. Harga daging sapi stabil di harga Rp115 ribu per kilogram. Sementara harga daging ayam turun dari Rp35 ribu jadi Rp29 ribu per kilogram.

3. Disdag terus pantau harga di lapangan

Jelang Ramadan, Harga Gula dan Cabai di Makassar NaikKomoditas pangan di Pasar Terong Makassar, Senin (12/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Arlin Ariesta mengatakan pihaknya akan terus berupaya menstabilkan harga kebutuhan pokok dan stok ketersediaan bahan pangan jelang Ramadan. Pihaknya akan memantau harga bahan pokok setiap hari.

Jika diperlukan, Dinas Perdagangan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah serta Satgas Ketahanan Pangan akan menggelar operasi pasar. Hal itu untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau dan menyiapkan bahan pokok untuk didistribusikan ke pasar atau konsumen.

"Pasar Murah adalah penjualan langsung bahan pokok oleh pemda kepada masyarakat berisiko sosial, dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemda," katanya.

Baca Juga: 5 Buku tentang Makassar yang Perlu Kamu Baca

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya