Jelang Pencoblosan, Menkominfo Hapus 700 Informasi Hoaks Pemilu 2024

Menteri Kominfo minta masyarakat bijak gunakan media sosial

Makassar, IDN Times - Pemilu 2024 semakin dekat yakni hanya tinggal dua pekan lagi. Dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengambil langkah preventif dengan gencar bersosialisasi.

Salah satunya melalui kegiatan literasi digital untuk pemilu damai Makassar bertajuk 'Cerdas Memilih, Bijak Berkreasi'. Kegiatan ini berlangsung di Upperhills Convention Hall Makassar, Kamis (1/2/2024).

"Mengimbau kepada seluruh warga bangsa masyarakat untuk bijak menggunakan sarana atau alat digitalnya sehingga ruang digital kita menjadi lebih baik, lebih sejuk dan kita bijak dalam bersuara di ruang digital," kata Menkominfo, Budi Arie Setiadi, usai kegiatan tersebut.

1. Penyebaran hoaks diklaim lebih menurun dibanding 2019

Jelang Pencoblosan, Menkominfo Hapus 700 Informasi Hoaks Pemilu 2024Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi saat berada di Makassar, Kamis (1/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Budi menyebut dibanding tahun 2019, penyebaran hoaks pada tahapan Pemilu 2024 jauh menurun. Namun bukan berarti tidak ada hoaks.

Menurutnya, pada musim kampanye politik, selalu muncul kreativitas mulai dari yang baik hingga yang buruk. Dari sinilah potensi-potensi hoaks bisa muncul.

"Bayangin presiden bagi sembako di Istana Bogor. Bagi-baginya itu waktu lebaran bulan April, dibikinnnya sekarang. Itu kan hoaks," kata Budi.

2. Kemenkominfo hapus 700 informasi hoaks Pemilu 2024

Jelang Pencoblosan, Menkominfo Hapus 700 Informasi Hoaks Pemilu 2024Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Budi Arie Setiadi saat berada di Makassar, Kamis (1/2/2024). IDN TImes/Ashrawi Muin

Budi memastikan pihaknya akan selalu bertindak tegas selama 1x24 jam untuk menekan hoaks terkait Pemilu 2024. Situs atau website yang berisi hoaks, menurutnya, akan dihapus.

Sejauh ini, Kemenkominfo mencatat lebih dari 700 informasi tidak benar atau hoaks tersebar di media sosial selama proses Pemilu 2024 berlangsung. Berita-berita hoaks ini langsung dihapus.

"Macam-macam, ada berita bohong, soal inilah. Tapi kita Kominfo siapapun kita gak peduli (pendukung nomor urut) 1,2,3. Pokoknya begitu ditimpa hoaks, kita take down," kata Budi.

3. Ingatkan pemilih pemula tidak golput

Jelang Pencoblosan, Menkominfo Hapus 700 Informasi Hoaks Pemilu 2024Logistik pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Lebih lanjut, Budi juga mengingatkan kepada pemilih pemula untuk tidak golput pada 14 Februari 2024 mendatang. Pemilu, kata dia, merupakan hak masyarakat untuk memilih pemimpinnya.

"Karena itu, ayo gunakan hak itu supaya berbondong-bondong tanggal 14 Februari 2024 datang ke TPS masing-masing," katanya.

Dia juga mengingatkan pemilih pemula untuk lebih bijak menggunakan media sosial agar tidak mudah termakan hoaks. Pasalnya, momen politik memang kerap diwarnai hoaks sebagai mesin kampanye.

"Jadi untuk pemilih pemula, tadi saya udah bilang saring dulu sebelum sharing. Baca dulu. Kedua, ayo cek dulu itu benar gak. Kalau yang S itu Stop hoax," kata Budi.

Baca Juga: Budi Arie Bantah Situasi Rapat Kabinet Jokowi Tidak Nyaman Lagi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya