Jaringan Starlink Mulai Diuji Coba di Pulau Barrang Lompo Makassar

Kecepatannya mencapai 150 mbps

Makassar, IDN Times - Jaringan internet Starlink milik Elon Musk mulai diujicobakan di Pulau Barrang Lompo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, hari ini Jumat (12/7/2024). Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto meninjau langsung uji coba tersebut.

"Dengan dilakukannya uji coba ini kita berharap semua urusan layanan yang dilakukan secara digital itu bisa diselesaikan lewat fasilitas internet ini," kata Danny.

1. Danny sebut Starlink lebih efektif, cepat dan kuat

Jaringan Starlink Mulai Diuji Coba di Pulau Barrang Lompo MakassarWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat uji coba jaringan internet Starlink di Pulau Barrang Lompo Makassar, Jumat (12/6/2024). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Danny menyebutkan Starlink lebih efektif, cepat dan kuat di dalam menangkap jaringan internet. Karena itu, dirinya berharap pemerataan akses jaringan internet di wilayah kepulauan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar.

Dia mengimbau warga setempat agar bijak menggunakan akses jaringan internet. Tidak digunakan untuk hal-hal yang merugikan seperti ikut judi online.

"Manfaatkan ini untuk mencerdaskan anak-anak kita," kata Danny.

2. Pengadaan awal di 10 titik pakai dana pribadi Danny

Jaringan Starlink Mulai Diuji Coba di Pulau Barrang Lompo MakassarWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (IDN Times/Istimewa)

Pemkot Makassar berencana mengadakan jaringan internet berbasis satelit tersebut di 10 titik. Jaringan internet Starlink diharapkan bisa mengoptimalkan CCTV yang ada di setiap lorong untuk menekan aksi kriminalitas di Kota Makassar.

Untuk tahap awal pengadaannya, Danny mengaku akan menggunakan dana pribadinya.

"Saya pakai uang operasional pribadi saya untuk semua pulau (pasang Starlink). Saya akan beli 10 dan Insyaallah tidak ada lagi masalah internet," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Berencana Uji Coba Starlink di 10 Titik

3. Uji coba untuk cek kecepatan jaringan

Jaringan Starlink Mulai Diuji Coba di Pulau Barrang Lompo Makassarilustrasi internet satelit Starlink milik Elon Musk (X/@Starlink)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismawaty Nur, mengatakan uji coba ini dimaksudkan untuk memastikan koneksi jaringan internet tersebut di Pulau Barrang Lompo.

"Hari ini kita mulai lakukan uji coba pemasangan Starlink, dan tadi kecepatannya itu kita sempat dapat sampai 150 mbps," kata Ismawaty Nur.

Uji coba ini, kata Ismawaty, hanya bersifat sementara. Uji coba ini hanya untuk mengecek kecepatan jaringan dan melihat kendala yang dihadapi ketika menggunakan jaringan internet Starlink di wilayah kepulauan.

"Kendalanya itu listrik, letak idealnya masih kita cari. Kondisi cuaca juga memengaruhi kecepatan jaringan, karena ini kan satelit," kata Ismawaty.

Baca Juga: Pemkot Makassar Anggarkan Rp12 Miliar buat Pasang Internet Starlink

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya