Jalan Sehat Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Makassar

Jadi simbol akulturasi dan toleransi antar umat beragama

Makassar, IDN Times - Semarak perayaan Cap Go Meh di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Minggu (5/2/2023) dimeriahkan dengan jalan santai bertajuk 'Jappa Jokka'. Jalan santai ini berpusat di Jalan Sulawesi. 

Rute jalan sehat ini dimulai dari depan panggung utama yang berada di Jalan Sulawesi. Selanjutnya, menuju ke Jalan Nusantara, Jalan Timor lalu kembali ke Jalan Sulawesi. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar, Zainal Ibrahim.

Perayaan Cap Go Meh ini secara meriah sempat ditiadakan dua tahun saat masa pandemik COVID-19. Festival Cap Go meh Makassar terakhir digelar pada 2018 lalu.

"Ini merupakan momentum yang baik sekali karena sejak 2018, baru kita bisa melaksanakan lagi Jappa Jokka Cap Go meh ini setelah pandemik COVID-19," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar, Zainal Ibrahim, dalam siaran pers.

1. Wujud akulturasi dan toleransi

Jalan Sehat Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di MakassarPeserta jalan sehat Jappa Jokka Cap Go Meh di Jalan Sulawesi Makassar, Minggu (5/2/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Jappa Jokka Festival Cap Go Meh 2023 dirangkaikan dengan kegiatan senam, pembagian doorprize, beragam tari adat, dance dan barongsai.

Zainal menuturkan kegiatan ini merupakan wujud akulturasi budaya dan toleransi antar umat beragama di Kota Makassar. Dia pun berharap agar masyarakat yang hadir dapat bekerja sama untuk menyukseskan acara ini. 

"Hal paling penting adalah kita bisa mewujudkan toleransi di kota ini, mudah-mudahan kegiatan kita pagi hari ini berjalan dengan baik, aman, dan lancar," katanya.

2. Diramaikan ratusan pelaku UMKM

Jalan Sehat Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di MakassarPeserta jalan sehat Jappa Jokka Cap Go Meh di Jalan Sulawesi Makassar, Minggu (5/2/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Kegiatan jalan sehat ini juga diramaikan dengan 153 tenant UMKM. Pelaku UMKM berasal dari UMKM masyarakat umum, masyarakat etnis Tionghoa dan UMKM binaan Pemkot Makassar.

Kehadiran para pelaku UMKM diharapkan menjadi wujud kebangkitan ekonomi setelah pandemik COVID-19 mereda. 

Menurut Zainal, kegiatan ini menunjukkan bahwa kondisi Kota Makassar sangat kondusif dalam rangka mendukung aktivitas masyarakat serta terciptanya suasana rukun dan toleransi antar umat beragama.

"Kegiatan Jappa Jokka Cap Go Meh ini juga menguatkan brand Kota Makassar sebagai 'Kota Makan Enak' karena dalam area Jappa Jokka tersedia banyak kuliner khas Makassar," kata Zainal.

3. Masyarakat menikmati festival Cap Go Meh

Jalan Sehat Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Makassarilustrasi lampion (pexels.com/熊大 旅遊趣)

Nurhayati, salah seorang warga Kecamatan Wajo, mengaku senang dengan adanya kegiatan Jalan Sehat Jappa Jokka Festival Cap Go Meh 2023. 

"Seru karena jalan sehat, bagus juga ada senam keluarga tadi yang heboh," ujar Nurhayati. 

Meski perayaan ini erat kaitannya dengan etnis Tionghoa, namun Nurhayati tidak mempermasalahkannya. Baginya, hadirnya kembali Perayaan Jappa Jokka Festival Cap Go Meh 2023 adalah bentuk suka cita bagi warga Makassar. 

"Kalau kita sebagai orang muslim kita senang karena tidak ada yang dirugikan. Kita orang tua senang dengan kegiatan seperti ini. Selama COVID-19 tidak ada yang seperti ini," jelasnya. 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya