Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru Emisi 2022 di Sulsel

Hanya tersedia di Makassar dan Soppeng

Makassar, IDN Times - Pemerintah dan Bank Indonesia telah meluncurkan pecahan uang kertas baru tahun 2022. Terdapat tujuh uang rupiah kertas yang diterbitkan dan diedarkan bersamaan dengan momen HUT ke-77 RI.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) bersama dengan perbankan di wilayah Sulsel pun membuka layanan kas keliling penukaran uang Rupiah TE 2022 pada 19 - 24 Agustus 2022. 

"Melalui kegiatan ini, BI Sulsel ingin mendorong masyarakat agar semakin Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, sekaligus memperkenalkan dan menyosialisasikan uang Rupiah TE 2022. Layanan resmi penukaran uang Rupiah TE 2022 tidak dipungut biaya," Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana, dalam keterangannya, Kamis (18/8/2022). 

1. Mendaftar di aplikasi PINTAR

Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru Emisi 2022 di SulselTangkapan layar situs web PINTAR Bank Indonesia untuk pemesanan penukaran uang. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Untuk mengurangi antrean dalam rangka menjaga protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19, masyarakat bisa mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR). Aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat melalui situs https://pintar.bi.go.id/.

Sebelum mendaftar, warga harus menyiapkan KTP terlebih dahulu. Saat mengunjungi situs tersebut, pendaftar memilih menu 'Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling'. 

Setelah itu, pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah yang sesuai. Kemudian, pilih lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia. Selanjutnya, pendaftar mengisi data pemesanan, seperti NIK KTP, nama, nomor telepon, serta email yang aktif.

Setelah itu, mengisi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan (sesuai peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan BI). Selanjutnya, pendaftar akan mendapat bukti pemesanan penukaran yang dihasilkan aplikasi PINTAR.Setelah itu, warga bisa memilih jadwal dan lokasi penukaran terdekat.

2. Jadwal dan lokasi penukaran uang

Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru Emisi 2022 di SulselPecahan uang kertas baru tahun emisi 2022. Dok. BI Sulsel

Selanjutnya, masyarakat yang ingin menukarkan uangnya bisa mendatangi layanan kas keliling dengan jadwal dan lokasi sebagai berikut:

- 19 Agustus 2022 jam 09.00-11.00 di Pasar Sambung Jawa, Mamajang, Makassar

- 22 Agustus 2022 jam 09.00-12.00 di Pasar Niaga Daya, Biringkanaya, Makassar

- 23 Agustus 2022 jam 09.00-12.00 di Pasar Pannampu, Tallo, Makassar, serta di halaman kantor Bank Sulselbar Lalabata, Soppeng

- 24 Agustus 2022 jam 09.00-12.00 di Pasar Toddopuli, Panakkukang, Makassar, serta di halaman kantor Bank Sulselbar Lalabata, Soppeng

3. Uang lama masih berlaku sebagai alat pembayaran sah

Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru Emisi 2022 di SulselPecahan uang kertas baru tahun emisi 2022. Dok. BI Sulsel

Sejak tanggal 17 Agustus 2022, pecahan uang Rupiah TE 2022 telah dinyatakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk bertransaksi di seluruh wilayah NKRI. Pengedaran uang Rupiah TE 2022 kepada perbankan dan seluruh masyarakat akan dilaksanakan secara bertahap. 

Sementara itu, seluruh uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelum peluncuran dan pengedaran uang Rupiah TE 2022 dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

Baca Juga: Penampakan Uang Rupiah Terbaru Emisi 2022, Warna Lebih Tajam

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya