Jadi Pj Sekda Makassar, Firman Pagarra Target Tambah Lorong Wisata

Salah satu program prioritas Pemkot Makassar

Makassar, IDN Times - Usai dilantik sebagai Pj Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Pagarra, langsung mendapat beberapa pekerjaan rumah dari Wali Kota Danny Pomanto. Salah satunya terkait program Lorong Wisata.

Setelah pelantikan, Firman mengaku siap melanjutkan dan mengawal program-program yang telah digulirkan sebelumnya, termasuk Lorong Wisata. Terkait program ini, dia bahkan menargetkan akan menambah jumlah Lorong Wisata.

"Jadi memang program Lorong Wisata ini adalah salah satu program yang saat ini sedang ada sekian ribu lorong dan akan terus digenjot sampai akhir masa kepemimpinan Pak Wali," kata Firman.

Baca Juga: Firman Pagarra Dilantik Jadi Pj Sekda Makassar, Ini Tugas dari Danny

1. Harus ada penguatan setiap OPD untuk lorong wisata

Jadi Pj Sekda Makassar, Firman Pagarra Target Tambah Lorong WisataWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi salah satu lorong wisata di Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Firman mengatakan Lorong Wisata adalah salah satu program strategis Pemkot Makassar. Di sana terdapat beberapa tugas-tugas yang juga diperankan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Untuk itu, perlu penguatan bagi setiap OPD. Dengan begitu, mereka bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik di Lorong Wisata.

"Ada sub item-item misalnya Dinas Pariwisata dalam hal kulinernya. Dinas Pertanian dan Perikanan dalam hal pemberian bibit ikan," jelasnya.

2. Jumlah lorong wisata capai 2.077 lorong

Jadi Pj Sekda Makassar, Firman Pagarra Target Tambah Lorong WisataPotret Lorong Wisata di Jalan Bambapuang Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Hingga akhir 2023, jumlah Lorong Wsata Pemkot Makassar mencapai 2.077. Tahun ini, Firman menargetkan ribuan lorong lagi hingga akhir masa jabatan Danny Pomanto.

Terlebih lagi, jumlah lorong di Makassar mencapai sekitar 6.000-an lorong. Karena itu, dia bertekad melengkapi yang sudah ada saat ini.

"Program Lorong Wisata ini memang tujuannya satu yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di lorongnya, memang ini perlu dikawal dengan baik," kata Firman.

3. Siap menguatkan persen birokrasi

Jadi Pj Sekda Makassar, Firman Pagarra Target Tambah Lorong WisataBalai Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Selain itu, Firman juga menyatakan siap mengemban tugas-tugas yang diamanatkan kepadanya. Ada beberapa tugas yang diberikan oleh Danny Pomanto, termasuk soal pemilu damai.

Selain itu, juga melaksanakan tugas-tugas administrasi dan penguatan birokrasi. Firman berharap mampu memberikan kontribusi yang besar bagi Pemerintah Kota Makassar selama menjabat.

"Kehadiran kami sebagai PJ Sekda diharapkan untuk memberikan kontribusi dalam hal menguatkan peran-peran para kepala OPD sehingga tidak terjadi lagi yang namanya egosentris antar OPD," kata Firman.

Baca Juga: Ini Nilai Biaya Haji 2024 Embarkasi Makassar dan Tahapan Pelunasan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya