Ini Sederet Nama Bakal Calon Pj Gubernur Sulsel yang Mencuat

Siapa yang bakal diajukan ke Kemendagri?

Makassar, IDN Times - Masa jabatan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang. Dengan demikian, posisi Gubernur Sulsel akan diisi oleh penjabat (Pj).

Sosok pengganti Sudirman hingga kini masih terus digodok di DPRD Sulsel. Rencananya, DPRD Sulsel baru akan mengajukan tiga nama yang disepakati kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 9 Agustus 2023 mendatang.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Arfandi Idris, menjelaskan secara teknis dan mekanisme pengusulan nama Pj di DPRD Sulsel sebelum diusulkan ke pusat. Kemendagri bersurat ke DPRD Sulsel, kemudian pimpinan DPRD bersurat ke fraksi untuk meminta agar mengusulkan satu nama.

"Nanti pimpinan DPRD mengkompilasi, kalau ada tiga nama diusulkan maka tiga itu yang diusulkan dalam rapat paripurna," kata Arfandi.

1. Beberapa nama yang berpotensi diajukan

Ini Sederet Nama Bakal Calon Pj Gubernur Sulsel yang MencuatGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat sidang paripurna HUT ke-353 Sulsel di gedung DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Meski begitu, sudah ada beberapa nama yang mencuat ke publik sebagai bakal calon Pj Gubernur Sulsel untuk melanjutkan pemerintahan Andi Sudirman. Ada yang berlatar belakang birokrat, akademisi hingga TNI-Polri.

Nama-nama di antaranya adalah Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar yang berpotensi diajukan oleh fraksi PDI Perjuangan. Kemudian Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, berdasarkan hasil konsultasi DPRD Sulsel ke Kemendagri.

Kemudian ada nama Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof Aswanto yang berpotensi diajukan oleh fraksi PKS. Lalu ada nama Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jufri Rahman yang berpotensi diajukan oleh fraksi Nasdem.

Selain itu, ada beberapa nama lain yang juga mencuat yakni Inspektur Utama Setjen DPR RI, Komjen Nana Sudjana yang berpotensi diajukan oleh fraksi PKB. Kemudian, nama Staf Kemenko Polhukam RI, Laksmana Pertama TNI  AL Abdul Rivai Ras atau Bro Rivai yang berpotensi diajukan oleh fraksi Gerindra.

2. DPRD hanya mengajukan tiga nama

Ini Sederet Nama Bakal Calon Pj Gubernur Sulsel yang MencuatIlustrasi DPRD Sulsel. IDN Times/Asrhawi Muin

Walau telah bergaung di publik, namun nama-nama tersebut masih relatif menguat. Sesuai regulasi, setiap fraksi hanya mengusul 1 nama saja. DPRD Sulsel akan mengusulkan 3 nama calon Pj ke Kemendagri. Nama-nama ini merupakan kesepakatan dari semua fraksi. Setiap fraksi berhak mengusulkan satu nama.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, mengatakan nama-nama itu akan dikirim ke Kemendagri pada 9 Agustus 2023. Sebelumnya, DPRD telah melalui serangkaian mekanisme untuk pembahasan pengajuan calon Pj Gubernur Sulsel.

"Nama-nama kandidat. Tapi pasti mengirim surat ke kita menjawab surat pimpinan. Karena pimpinan kita di DPRD kan sudah menyurat. Sisa dari masing-masing fraksi untuk mengirimkan nama-nama kandidat ke pimpinan," kata Andi Ina.

Baca Juga: Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan Mencuat

3. Diharapkan putra daerah Sulsel

Ini Sederet Nama Bakal Calon Pj Gubernur Sulsel yang MencuatKetua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika. IDN Times/Aan Pranata

Andi Ina berharap agar Pj Gubernur Sulsel nantinya merupakan putra daerah asli dari Sulsel. Hal ini sejalan dengan Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota.

Lagipula, menurutnya Sulsel tidak kekurangan putra daerah yang mumpuni dan memiliki kapabilitas layak untuk menjadi Pj gubernur. 

"Kita sih berharap karena Permendagri nomor 4 itu  kan juga yang baru. Itu kan marwahnya sebenarnya bagaimana daerah itu bisa memajukan putra daerah sebagai calon penjabat," kata Ina.

Baca Juga: Ketua DPRD Harap Pj Gubernur Sulsel Putra Daerah, Siapa yang Layak?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya