Comscore Tracker

Ini Penyebab Makassar Masih Diguyur Hujan padahal Sudah Musim Kemarau

BMKG jelaskan penyebab intensitas hujan di musim kemarau

Makassar, IDN Times - Pada bulan April hingga Oktober, Indonesia umumnya mengalami musim kemarau. Sebaliknya, musim hujan umumnya terjadi di bulan Oktober hingga April.

Akan tetapi, kondisi yang terjadi saat ini kadang sulit dipastikan. Pasalnya kondisi yang tadinya panas bisa berubah tiba-tiba menjadi hujan. Kondisi ini dikenal dengan istilah anomali cuaca.

Seperti yang terjadi saat ini di Makassar, Sulawesi Selatan, di mana hujan masih kerap mengguyur padahal sekarang telah memasuki puncak musim panas. Lantas apa penyebab hujan turun di tengah musim kemarau?

1. Kondisi masih tergolong normal

Ini Penyebab Makassar Masih Diguyur Hujan padahal Sudah Musim KemarauIlustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Dwi Lestari Sanur, mengatakan kondisi hujan di pertengahan musim kemarau ini dipengaruhi beberapa faktor. Namun kondisi ini masih tergolong normal.

"Memang kalau secara normalnya sudah masuk musim kemarau. Tetapi beberapa hari terakhir ini kan masih hujan. Karena banyak faktor termasuk dari suhu muka laut," kata Dwi.

2. Disebabkan pertemuan massa udara di Selat Makassar

Ini Penyebab Makassar Masih Diguyur Hujan padahal Sudah Musim KemarauIlustrasi hujan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dwi mengungkapkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya anomali cuaca tersebut. Untuk wilayah Sulsel bagian barat yang meliputi Makassar, Pangkep, Maros, Gowa dan sekitarnya, saat ini sudah memasuki musim kemarau. 

Hujan beberapa hari terakhir disebabkan antara lain adanya pertemuan massa udara di Selat Makassar yang berkontribusi dalam penambahan massa udara pembentuk awan awan hujan. 

"Selain itu, angin dari wilayah timur yang meliputi Bone, Sinjai, Bulukumba dan sekitarnya juga membawa massa udara basah atau awan awan konvektif yang menyebabkan terjadinya hujan pada malam-pagi hari dalam beberapa hari terakhir," kata Dwi.

Baca Juga: Fakta Gempa M 5,8 di Mamuju Sulbar Menurut Daryono BMKG

3. Musim hujan umumnya terjadi akhir tahun

Ini Penyebab Makassar Masih Diguyur Hujan padahal Sudah Musim Kemarauilustrasi (IDN TImes/Sidratul Muntaha)

Meski terjadi hujan beberapa kali, namun musim saat ini masih musim kemarau. Menurut Dwi, musim kemarau tidak selamanya kering sehingga wajar jika hujan mengguyur.

Musim hujan sendiri umumnya dimulai di akhir-akhir tahun yang dimulai dari musim pancaroba.

"Umumnya awal musim hujan terjadi antara akhir November hingga awal Desember," katanya.

Baca Juga: BMKG: Makassar Masih Diguyur Hujan Hari Ini

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya