Ini Manfaat Bendungan Pamukkulu di Takalar yang Diresmikan Jokowi

Diklaim mampu reduksi banjir

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Pamukkulu di Takalar, Sulawesi Selatan
  • Pembangunan bendungan menghabiskan anggaran Rp1,6 triliun dengan manfaat irigasi, pembangkit listrik, dan reduksi banjir
  • Bendungan Pamukkulu adalah Proyek Strategis Nasional untuk melayani daerah irigasi, memenuhi kebutuhan air baku, dan pembangkit listrik

Makassar, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo telah meresmikan Bendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat (5/7/2024). 

Jokowi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan Bendungan Pamukkulu merupakan suatu upaya menjaga produktivitas pertanian melalui air. Dia mengatakan air adalah sumber kehidupan bukan hanya untuk aktivitas sehari-hari tapi juga untuk pertanian. 

"Kita ingin mengelola air kita. tidak kita biarkan masuk ke sungai dan terus ke laut tetapi kita siapkan Bendungan Pamukkulu yang ini sudah dibangun sejak 2017. Berarti sudah hampir 7 tahun," kata Jokowi.

1. Menghabiskan anggaran Rp1,6 triliun

Ini Manfaat Bendungan Pamukkulu di Takalar yang Diresmikan JokowiPresiden Joko 'Jokowi' Widodo telah meresmikan Bendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat (5/7/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Pembangunan Bendungan Pamukkulu menghabiskan anggaran sebesar Rp1,6 triluin. Menurut Jokowi, anggaran itu sebanding dengan luasan benduang tersebut yang tergolong besar.

"Memiliki daya tampung 8,7 juta meter kubik dengan luas genangan 460 hektar. Ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar Rp1,6 triliun," kata Jokowi.

2. Diklaim akan memberikan manfaat besar

Ini Manfaat Bendungan Pamukkulu di Takalar yang Diresmikan JokowiPresiden Joko 'Jokowi' Widodo telah meresmikan Bendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat (5/7/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Walau biayanya besar, namun Jokowi mengklaim Bendungan Pamukkulu juga bakal memberikan manfaat besar untuk masyarakat sekitar. Air dari bendungan ini, kata Jokowi, baik untuk dimanfaatkan sebagai air baku, pembangkit tenaga listrik, hingga mereduksi banjir.

"Yang paling penting adalah untuk irigasi kita , mengairi sawah-sawah yang ada di Kabupaten Takalar dan sekitarnya," kata Jokowi.

3. Sederet manfaat Bendungan Pamukkulu

Ini Manfaat Bendungan Pamukkulu di Takalar yang Diresmikan JokowiBendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat (5/7/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Bendungan Pamukkulu termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Bendungan ini dibangun dengan maksud melayani daerah irigasi Pamukkulu seluas 6.430 hektar, serta untuk memenuhi kebutuhan air baku di Takalar sebesar 160 liter/detik. 

Bendungan ini juga diklaim bermanfaat untuk mereduksi genangan banjir seluas 1.337 hektar yang tersebar di kecamatan Polongbangkeng Selatan dan Mangarabombang, serta Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) 4,3 MW, dan pariwisata.

Baca Juga: Mengintip Bendungan Pamukkulu di Takalar, Diresmikan Jokowi Hari Ini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya