Ini Bocoran Tiga Besar Calon Sekda Makassar

Satu nama akan dipilih sebagai sekda definitif

Makassar, IDN Times - Panitia seleksi lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar telah menyelesaikan tahapan seleksi. Ada tiga nama yang terpilih sebagai calon Sekda Makassar.

Mereka adalah Firman Pagarra (Kepala Bapenda sekaligus Pj Sekda Makassar), Muhammad Roem (Kepala Dinas Pariwisata), dan Irwan Bangsawan (Asisten III Pemkot Makassar). Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Akhmad Namsum, mengatakan ketiga nama tersebut dipilih dari hasil akumulasi penilaian semua tahapan.

"Ada empat penilaian yaitu administrasi, tes kompetensi, makalah, dan wawancara. Setelah diakumulasi, hasilnya keluar tiga besar sesuai dengan perolehan nilai masing-masing peserta," kata Akhmad, Sabtu (20/7/2024).

Baca Juga: Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Event F8 di Makassar

1. Hasil seleksi akan dikirim ke Kemendagri

Ini Bocoran Tiga Besar Calon Sekda MakassarLima kandidat lelang Sekda Makassar. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Selanjutnya, pansel akan menyampaikan hasil seleksi ini kepada Gubernur Sulawesi Selatan. Selanjutnya, gubernur akan mengirimkan hasil seleksi kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Setelah itu, kami akan siapkan segalanya apa yang dibutuhkan finalisasi hasil lelang JPT sekda yang telah kita keluarkan," kata Akhmad.

2. Seleksi dianggap berjalan profesional

Ini Bocoran Tiga Besar Calon Sekda MakassarPanitia seleksi lelang Sekda Makassar. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Akhmad pun menegaskan pelaksanaan seleksi ini benar-benar terselenggara secara profesional. Tiga peserta tersebut dipilih berdasarkan kompetensi dan kemampuannya masing-masing.

"Ini sesuai kemampuan dan kapasitas profesional untuk jabatan sekda," kata Akhmad.

3. Wali kota akan pilih satu nama

Ini Bocoran Tiga Besar Calon Sekda MakassarWali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Kamis (4/7/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, mengaku tak mencampuri urusan seleksi ini. Dia hanya akan memilih satu dari tiga nama tersebut untuk menjadi sekda definitif.

"Nanti tiga besarnya dipilih satu, diusulkan ke Kemendagri untuk disetujui. Senin kita usul," kata Danny.

Baca Juga: Capaian Investasi Makassar Rp 5,89 Triliun di 2023, Naik 49,87 Persen

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya