IKA UNM Undang Capres Bicara Demokrasi, Anies dan Ganjar Bakal Hadir

Untuk berdialog membedah soal demokrasi

Makassar, IDN Times - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sarasehan nasional dalam rangka reuni akbar. Agenda ini akan berlangsung di Hotel Four Point pada Sabtu, 18 November 2023. 

Ketua IKA UNM, Nurdin Halid, mengatakan pihaknya mengundang tiga capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Namun dari tiga capres ini, hanya dua yang memastikan akan hadir.

"Yang pasti datang Pak Anies dengan Pak Ganjar. Sesi pertama jam 9 itu Pak Ganjar dan sesi ke dua jam 13.30 Pak Anies. Pak Prabowo karena berbenturan acaranya yang sudah dijadwal lama di daerah lain," kata Nurdin, Jumat (17/11/2023).

1. Para capres akan berdialog mengkaji tema

IKA UNM Undang Capres Bicara Demokrasi, Anies dan Ganjar Bakal HadirAnies Baswedan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Nurdin mengatakan para capres ini diundang bukan untuk memaparkan visi dan misinya melainkan hanya untuk membedah pikiran mengenai tema besar dari sarasehan ini. Adapun tema yang dimaksud yaitu Reposisi Praktik Demokrasi Pancasila dan Ekonomi menuju Indonesia yang Berkeadilan.

"Jadi kita akan mengkaji betul secara mendalam tentang praktik demokrasi yang sudah tidak sesuai Pancasila, sudah liberal. Kemudian demokrasi ekonomi yang kapitalis," kata Nurdin.

2. Mengundang narasumber sebagai penanggap

IKA UNM Undang Capres Bicara Demokrasi, Anies dan Ganjar Bakal HadirCalon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Selain capres, panitia juga mengundang beberapa tokoh sebagai penanggap yaitu Rocky Gerung (pengamat politik), Dr Awalil  (pengamat ekonomi), dan Prof Zainal Arifin Muchtar (pakar hukum). Kemudian ada juga Akbar Faizal dan Dwi Anggia Ritmadhini sebagi pembawa acara. 

Ketua Penyelenggara Mubes dan Reuni Akbar IKA UNM, Prof Hasnawi Haris, pihaknya telah menyiapkan acara sarasehan ini mulai dari awal hingga akhir acara hingga peserta dan narasumber. 

"Alhamdulillah tadi kita sudah rapat koordinasi terakhir terkait pelaksanaan sarasehan tanggal 18 November, secara prinsip kita sudah siap," kata Hasnawi.

3. Tidak ada unsur politik

IKA UNM Undang Capres Bicara Demokrasi, Anies dan Ganjar Bakal Hadirpixabay.com/Mohamed Hassan

Hasnawi memastikan bahwa acara ini tidak bermuatan politik dan kampanye. Dia mengatakan bahwa dialog ini sudah lama direncakan tapi karena beririsan dengan pencapresan maka sekaligus dilaksanakan.

Panitia, kata dia, hanya menawarkan tema. Para capres diharapkan dapat memotret dan membedah tema tersebut sesuai dengan konsennya masing-masing.

"Saya selaku ketua penyelanggara memastikan bahwa ini murni kegiatan yang dilakukan oleh pengurus pusat IKA UNM dan sama sekali tidak ada muatan politik," kata Hasnawi.

Baca Juga: Unhas Hadirkan Anies Baswedan Bicara di Diskusi Kebangsaan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya