HUT ke-416 Makassar Jadi Momen Perpisahan Fatmawati Rusdi

Fatma mundur sebelum masa jabatannya berakhir

Makassar, IDN Times - Setiap tahun, HUT Kota Makassar diperingati pada 9 November. Namun tahun ini, puncak perayaan HUT Kota Makassar dimajukan pada 2 November 2023.

Hal itu karena puncak perayaan HUT ke-416 Kota Makassar menjadi momen perpisahan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, yang mengundurkan diri untuk maju pemilihan legislatif. Masa jabatan Fatma berakhir sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh KPU pada 3 November 2023.

"Moment HUT ke-416, yang telah dipersiapkan Wali Kota Makassar, memberi ruang untuk berpamitan kepada seluruh masyarakat Kota Makassar, tentunya menjadi hal yang membahagiakan bagi saya, kebersamaan yang terasa singkat, namun penuh kehangatan," kata Fatma, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Putuskan Mundur, Ini Harta Kekayaan Wawali Makassar Fatmawati Rusdi

1. Fatma mengundurkan diri

HUT ke-416 Makassar Jadi Momen Perpisahan Fatmawati RusdiWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi menanam pohon Tabebuya di kawasan reklamasi pantai CPI. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Fatma telah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Wali Kota Makassar. Dia juga telah mengikuti serangkaian prosesi sebelum ditetapkan sebagai calon tetap anggota legislatif pemilu 2024 mendatang.

"Rasa haru pastinya, pengunduran diri ini tentu karena nomentum pesta demokrasi yang telah terjadwal dan sebagai suatu syarat untuk menjadi caleg adalah harus mengundurkan diri," kata Fatma.

2. Fatma telah berpamitan

HUT ke-416 Makassar Jadi Momen Perpisahan Fatmawati RusdiWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi pada kegiatan grebek stunting di Puskesmas Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Sabtu (23/9/2023). (Dok. Istimewa)

Sejak menyatakan mundur dari jabatan Wakil Wali Kota, Fatma juga telah berpamitan di beberapa kegiatan yang dihadirinya. Meski telah mundur, namun Fatma menyatakan bahwa pengabdiannya untuk masyarakat tidak berakhir sampai di sini.

"Seperti yang sering saya sampaikan, kalau tentang pengabdian, dimana pun dapat dilakukan. Insyaallah doakan saya kembali untuk pengabdian yang lebih luas bagi masyarakat Makassar, dan Sulawesi Selatan," katanya.

3. Maju pileg DPR RI dapil 1

HUT ke-416 Makassar Jadi Momen Perpisahan Fatmawati RusdiWakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi. IDN Times/Asrhawi Muin

Fatma mendapatkan perintah langsung dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, untuk maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 untuk tingkat DPR RI. Dia maju dengan nomor urut 1 di Dapil Sulsel I yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto, dan Selayar.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten memang telah mengatur bahwa kepala dan wakil kepala daerah yang maju caleg wajib mundur.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Bersiap Lepas Jabatan Wakil Wali Kota Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya