Hitungan Peluang Istri Danny Pomanto jika Maju Pilkada Makassar 2024

Diprediksi tak sulit dapat parpol

Intinya Sih...

  • Indira Jusuf Ismail diprediksi mudah mendapatkan dukungan parpol di Pilkada Kota Makassar 2024.
  • Dukungan partai dipengaruhi oleh kualitas personal dan jaringan, serta Indira perlu bekerja ekstra untuk melepaskan diri dari bayang-bayang suaminya, Danny Pomanto.
  • Indira menunggu hasil survei sebelum memutuskan maju pada kontestasi Pilkada Makassar, dengan fokus pada peningkatan publisitas untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Makassar, IDN Times - Nama istri Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Indira Jusuf Ismail digadang-gadang bakal mengikuti bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Makassar 2024. Hal ini mulai mencuat tatkala banyaknya spanduk dan baliho Indira yang tersebar di sudut-sudut Kota Makassar.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Andi Ali Armunanto, menilai bahwa Indira tidak akan sulit mendapatkan dukungan dari parpol. Sebabnya, tokoh-tokoh nasional diprediksi tidak akan bermain di Pilkada Makassar seperti saat suaminya, Danny Pomanto, maju di periode keduanya.

"Saya menilai arena kontestasi saat ini lebih terbuka. Artinya, peluang untuk mendapatkan dukungan partai akan sangat ditentukan oleh kualitas personal dan jaringan seseorang," kata Ali, Rabu (17/4/2024).

1. Indira harus lepas dari bayang-bayang Danny

Hitungan Peluang Istri Danny Pomanto jika Maju Pilkada Makassar 2024Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Kamis (22/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Meski demikian, menurutnya Indira tetap butuh kerja ekstra agar lepas dari bayang-bayang Danny. Masyarakat Kota Makassar, kata dia, juga harus menilai sendiri kemampuan calon pemimpinnya.

"Saya melihat Indira sebagai proxy Danny. Jadi, Indira butuh usaha lebih untuk agar dikenal sebagai dirinya, bukan sebagai representasi Danny," kata Ali.

2. Indira akan gunakan kegiatan sebagai panggung

Hitungan Peluang Istri Danny Pomanto jika Maju Pilkada Makassar 2024Baliho Indira Jusuf Ismail di Jalan Veteran Selatan, Makassar, Selasa (16/4/2024). (IDN Times/Asrhawi Muin)

Di sisi lain, Ali menyebut Indira cukup serius menatap Pilkada Makassar nanti. Hal ini karena Indira telah menyatakan menunggu hasil survei sebelum memutuskan apakah akan maju pada kontestasi pilkada itu atau tidak.

Menurut Ali, setiap kegiatan Indira nantinya akan menjadi panggung untuk meyakinkan masyarakat Makassar terkait elektabilitasnya sebagai calon kandidat.

"Dia akan menggunakan panggung-panggung tersebut untuk meninggkatkan publisitasnya untuk mendorong elektabilitasnya dalam survei," katanya.

Baca Juga: Romantis! Danny Ungkap Peran Istri di Ulang Tahun ke-60

3. Indira tunggu hasil survei

Hitungan Peluang Istri Danny Pomanto jika Maju Pilkada Makassar 2024Baliho Indira Jusuf Ismail di Jalan Veteran Selatan, Makassar, Selasa (16/4/2024). (IDN Times/Asrhawi Muin)

Sebelumnya, Indira mengaku telah dilirik oleh tiga partai yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

"Selama ini yang mendorong saya maju itu ada Pak Rahcmat Taqwa Qurais, ada juga PKS kita juga ada PDI-P dan tentu masih ada yang lain," kata Indira. 

Tak mau sesumbar, Indira juga mengaku juga menunggu hasil survei. Meski begitu, dia telah mendapat dukungan penuh dari sang suami.

"Apapun itu kita lihat survei dulu, tidak boleh takabur, jumawa dan berbangga diri," katanya. 

Baca Juga: Danny Pomanto Tancap Gas Menuju Pilgub Sulsel usai Lebaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya