Heboh Peserta Kampanye Ganjar di Makassar Dibayar Rp10 Ribu

Dibandingkan dengan capres lain yang beri Rp50 ribu

Makassar, IDN Times - Sebuah video beredar menampilkan kekesalan sejumlah orang saat menghadiri kampanye Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di UpperHills Convention Hall, Makassar, Selasa (30/1/2024). Mereka kesal karena hanya diberi uang Rp10 ribu sebagai biaya transportasi.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @lambe_turah.makassar itu, pengirim video mengungkap soal peserta kampanye dijanjikan biaya transportasi. Peserta kampanye berharap video itu diviralkan.

"Min assalamualaikum tolong min ini, kita di janjikan pergi kampanye di gantikan transportasi sama konsumsi, terus kenapa sekarang ini penyalur nya dia kasih Ki 10 ribu saja, tidak sesuai waktu ta yang terbuang mulai dari jam8 smpai jam 3, hanya di nilai kan 10ribu," demikian isi caption video tersebu, yang dikutip, Rabu (31/1/2024).

Dalam video, seseorang mengaku dijanjikan uang transportasi Rp100 ribu. Bahkan ada yang membandingkan dengan biaya tranpsortasi pada kampanye calon presiden lain senilai Rp50 ribu.

1. Panitia hanya menjanjikan voucher bensin dua Iiter

Heboh Peserta Kampanye Ganjar di Makassar Dibayar Rp10 RibuKampanye calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (30/1/2024). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Sulawesi Selatan, Udin Saputra Malik, angkat bicara mengenai persoalan ini. Dia mengtakan, beberapa hari sebelum kampanye, panitia telah menggelar serangkaian rapat dengan koordinator lapangan relawan resmi yang terdaftar di TPD Sulsel.

Panitia menjelaskan bahwa kita tidak ada dana untuk uang transportasi. Sebagai gantinya, panitia menyediakan voucher bensin dua liter per moto bagi pesertar.

"Akan tetapi, SPBU tidak bsa print sebanyak yang dbutuhkan dalam waktu dua hari," kata Udin, Selasa (30/1/2024).

2. Kata TPD, banyak relawan yang tidak tahu

Heboh Peserta Kampanye Ganjar di Makassar Dibayar Rp10 RibuGanjar Pranowo menggelar kampanye akbar di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (30/1/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Kordinator-koordinator relawan yang resmi di TPD, kata Udin, setuju dengan hal tersebut. Namun pada hari H kampanye Ganjar di Makassar, rupanya banyak relawan yang berdatangan tanpa mengetahui hal tersebut.

"Inilah yang kemudian di lapangan juga tidak terkomunikasikan ke anggota-anggota yang mereka bawa," kata Udin.

3. Panitia siapkan 7.500 paket makanan

Heboh Peserta Kampanye Ganjar di Makassar Dibayar Rp10 RibuGanjar Pranowo menggelar kampanye akbar di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (30/1/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Adapun tentang konsumsi, kata Udin, panitia menyediakan sebanyak 7.500 pax makanan. Di lapangan, peserta yang terdata hadir sekitar 5.000-an orang.

Udin menyebut banyak relawan yang tidak kebagian makanan karena massa mendorong dan memaksa mengambil langsung kantong per kantong. Akibatnya tidak semua orang kebagian makanan.

"Sekiranya makanan tersebut mau dibagikan ketika selesai acara. Ketika mereka keluar dari gedung, di tiap pintu keluar. Akan tetapi karena jadwal ngaret 2,5 jam, akhirnya dibagikan di dalam ruangan," kata Udin.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya