Harla ke-51, PPP Bertekad Kembalikan Kejayaan Seperti Pemilu 1977

Mardiono minta kader PPP tetap kompak

Makassar, IDN Times - Puncak peringatan Hari Lahir ke-51 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berlangsung di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/1/2024). Agenda ini dihadiri sejumlah tokoh seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno selaku Ketua Bappilu PPP, Ketua DPW PPP Sulsel Imam Fauzan Amir Uskara, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono dalam sambutannya menyebut di usianya yang ke-51 tahun ini, PPP telah mengikuti 10 kali pemilu. Menurut Mardiono, itu adalah bukti PPP telah menjadi salah satu penentu arah demokrasi dalam setengah abad terakhir sejak berdiri pada 5 Januari 1973.

"Pada 2024 ini, PPP sedang mengikuti pemilu yang ke-11 kalinya. Insyaallah PPP dapat mengukir kembali kejayaan seperti pada Pemilu 1977 ketika PPP mengikuti pemilu pertama kalinya," kata Mardiono.

Pada Pemilu 1977, suara PPP naik di berbagai daerah, termasuk di DKI Jakarta dan DI Aceh mengalahkan Golkar. Secara nasional, PPP berhasil meraih 18.743.491 suara, 99 kursi atau naik 2,17 persen, atau bertambah 5 kursi dibanding gabungan kursi 4 partai Islam dalam Pemilu 1971.

Baca Juga: Mardiono Ajak Danny Pomanto Gabung PPP, Tawarkan Jabatan Waketum

1. Merefleksikan perjuangan agar tetap eksis

Harla ke-51, PPP Bertekad Kembalikan Kejayaan Seperti Pemilu 1977Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono, saat puncak peringatan Hari Lahir ke-51 PPP di GOR Sudiang, Makassar, Sabtu (27/1/2024). Dok. YouTube PPP

Harla ke-51 ini mengusung tema 'Perjuangan Bersama Untuk Kemenangan Indonesia. Mardiono mengatakan pemilihan tema itu bukan tanpa alasan melainkan ada makna perjuangan.

"PPP ingin merefleksikan kembali segala bentuk perjuangan yang telah dilakukan oleh para ulama, kiai, guru, dan para tokoh bangsa yang telah mendirikan PPP tidak lain tentu bertujuan untuk menghadirkan kemenangan bersama bagi bangsa Indonesia," kata Mardiono dalam sambutannya.

Mardiono menjelaskan PPP sejak lahir adalah partai pejuang. Karena itu, generasi penerus juga harus berani tampil berjuang. Pasalnya, bukan hal yang mudah sebuah partai seperti PPP bisa bertahan tetap eksis dan selalu mewarnai demokrasi Indonesia. 

"Bersyukur harus kita kemukakan. Bersyukur dalam usia 51 tahun, PPP tetap eksis menghadapi umat. Tentu kita akan menghadapi tantangan yang besar," kata Mardiono.

2. PPP minta para kader tetap solid jalankan keputusan parpol

Harla ke-51, PPP Bertekad Kembalikan Kejayaan Seperti Pemilu 1977Puncak peringatan Hari Lahir ke-51 PPP di GOR Sudiang, Makassar, Sabtu (27/1/2024). Dok. YouTube PPP

Untuk itu, Mardiono mengajak seluruh kader maupun masyarakat Indonesia untuk bersama-sama partai yang identik dengan warna hijau itu. Jika ingi membuat lompatan, maka menurut Mardiono, inilah saatnya untuk meraih kembali kejayaan PPP.

Dia mengajak kader untuk memenangkan PPP pada Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari. Hari pemungutan suara pada 14 Januari 2024 tersisa 18 hari lagi. Mardiono pun mengajak para kader di mana pun berada agar meningkatkan totalitas. 

"Kita seluruh Indonesia solid, kompak, menjalankan semua keputusan-keputusan partai yang telah diputuskan," kata Mardiono.

3. Target untuk Pemilu 2024

Harla ke-51, PPP Bertekad Kembalikan Kejayaan Seperti Pemilu 1977Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono bersama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani puncak peringatan Hari Lahir ke-51 PPP di GOR Sudiang, Makassar, Sabtu (27/1/2024). Dok. YouTube PPP

Adapun target PPP pada Pemilu 2024 yaitu 40-45 kursi untuk DPR RI. Untuk perolehan nasional, PPP menargetkan 2.000 kadernya agar bisa menduduki kursi legislatif mulai dari tingkat DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten Kota. Saat ini, ada 1.340 kader PPP yang duduk di kursi parlemen.

Mardiono pun memastikan semua kadernya mulai dari Aceh hingga Papua bekerja. Dalam upaya itu, PPP tidak terlalu menggubris soal hasil survei apapun.
 
"PPP dapat suara dari para kader karena kader-kader kita tokoh masyarakat yang ditempatkan di dapilnya masing-masing itulah yang mendapatkan kepercayaan dari rakyat untuk menyumbangkan suaranya," kata Mardiono dalam wawancaranya.

Di sisi lain, PPP juga akan memenangkan pasangan capres-cawapres yang diusungnya yakni pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Selain PPP, parpol lain yang juga mengusung pasangan ini yaitu PDI Perjuangan, Hanura dan Perindo. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Absen pada Peringatan HUT ke-51 PPP di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya