Hari Ini Pemkot Makassar Luncurkan Satgas Pemburu COVID-19

Bertugas mencari kontak erat pasien COVID-19

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar meluncurkan Satuan Tugas Pemburu COVID-19 atau COVID-19 Hunter hari ini, Jumat (4/6/2021).

Salah satu tugas COVID-19 Hunter adalah mendatangi langsung rumah warga yang terkonfirmasi positif virus corona. Rumah warga yang bersangkutan bakal diberi tanda khusus. 

"Satgas ini yang terdiri atas dua nakes, dua polisi, satu TNI, dan dua Satpol PP yang akan bekerja dalam lingkup kelurahan," Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

1. Ditempatkan di setiap kelurahan

Hari Ini Pemkot Makassar Luncurkan Satgas Pemburu COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

COVID-19 Hunter akan diaktifkan di 153 kelurahan di Kota Makassar guna mencegah penularan COVID-19 lebih lanjut. Satgas ini akan menelusuri kontak erat (tracing) dari warga yang terpapar COVID-19.

Penelusuran kontak dijalankan supaya orang yang telah berkontak dengan pasien positif COVID-19 tidak bebas berkeliaran. Karena jika berkeliaran maka akan memfasilitasi terjadinya penularan ke orang lain. 

"Mobilnya kami disiapkan untuk COVID-19 Hunter. Kalau ada ditemukan orang sudah bergejala berat, suka tidak suka akan diangkut dengan mobil," kata Danny.

2. Pemkot menggiatkan kembali testing dan tracing

Hari Ini Pemkot Makassar Luncurkan Satgas Pemburu COVID-19Warga menjalani tes usap (swab test) melalui mobil tes polymerase chain reaction (PCR) saat tes usap massal di Kecamatan Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/9/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Tujuan Pemkot Makassar membentuk tim ini sebagai upaya untuk menggiatkan kembali kapasitas testing dan tracing yang dianggap mulai menurun. Ratusan ribu tes rapid antigen sudah disiapkan untuk mendukung tugas Satgas COVID-19 Hunter.

"Ini dilakukan karena kita ingin mencapai tracing seribu setiap hari," kata Danny.

Tujuan lainnya, agar tanggung jawab pencegahan COVID-19 bukan hanya pada pemerintah tapi juga pada rumah tangga, tempat kerja dan tempat usaha. 

3. COVID-19 Hunter bagian dari Makassar Recover

Hari Ini Pemkot Makassar Luncurkan Satgas Pemburu COVID-19Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat rakor terkait Makassar Recover di Balaikota Makassar, Selasa (9/3/2021). Humas Pemkot Makassar

COVID-19 Hunter merupakan salah satu bagian dari program penanganan COVID-19 ala Pemkot Makassar yaitu Makassar Recover. Sebelum itu, Pemkot lebih dulu membentuk Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) dan akan menyusul tim Detektor.

Berbeda dengan COVID-19 Hunter yang lebih fokus pada penelusuran kontak, Satgas Raika lebih fokus pada penindakan. Mereka akan membubarkan kerumunan di tempat-tempat publik. 

Lain lagi dengan tim Detektor yang lebih fokus pada deteksi dini COVID-19. Mereka akan bertugas untuk skrining awal. Jika dalam proses skrining itu ada warga yang positif COVID-19 maka langsung ditangani.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya