Harga Bawang di Makassar Turun di Awal Ramadan, Cabai Naik

Harga-harga bahan pokok di pasaran fluktuatif

Makassar, IDN Times - Memasuki awal Ramadan 1444 Hijriah, harga kebutuhan pokok di Kota Makassar saat ini cenderung fluktuatif. Ada komoditas yang harganya naik dan ada pula komoditas yang harganya turun.

Berdasarkan pantauan di Pasar Terong, Kamis (23/3/2023), beberapa komoditas yang harganya turun yaitu bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah turun dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp35.000. Demikian pula dengan harga bawang putih yang turun dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram.

"Bawang merah dan bawang putih itu turun. Ini bagus karena masuk bulan puasa harga turun," ujar Hj Ros, salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Terong.

Baca Juga: Dipangkas, Ini Jam Kerja ASN Pemkot Makassar selama Ramadan 2023

1. Komoditas bahan pokok yang harganya naik

Harga Bawang di Makassar Turun di Awal Ramadan, Cabai NaikIlustrasi bahan pokok. IDN Times/Asrhawi Muin

Komoditas yang harganya naik yaitu cabai. Biasanya, cabai dijual Rp40.000 per kilogram tapi kini naik menjadi Rp60.000 per kilogram. 

Selain itu, harga gula pasir juga sedikit meningkat. Sebelumnya, gula pasir dijual seharga Rp14.000 per kilogram menjadi Rp15.000 per kilogram.

Harga beras juga naik. Untuk beras premium, harganya yaitu Rp14.000 per kilogram dari sebelumnya Rp13.000 per kilogram. Kemudian, harga beras medium juga naik tipis dari Rp12.500 menjadi Rp13.000.

Komoditas lainnya, yakni telur juga mengalami kenaikan dari harga Rp49.000 per rak menjadi Rp60.000 per rak untuk ukuran besar. Sedangkan telur ukuran sedang dijual Rp55.000 per rak yang biasanya dijual Rp50.000 per rak.

2. Daya beli masyarakat masih terjaga

Harga Bawang di Makassar Turun di Awal Ramadan, Cabai NaikIlustrasi bahan pangan pokok. IDN Times/Asrhawi Muin

Kendati harga-harga bahan pokok masih naik, namun daya beli masyarakat masih tetap terjaga. Menurut Hj Ros hal itu karena komoditas pangan merupakan kebutuhan pokok sehingga mau tidak mau masyarakat pasti akan membelinya.

"Pembeli tetap, masuk puasa ini pembeli baik-baik saja," ucap Hj Ros.

Harga bahan pokok memang selalu meningkat setiap menjelang Ramadan. Kendati demikian, dia berharap harga bahan pokok tak terlalu melonjak saat menjelang lebaran Idul Fitri nanti.
 
"Jelang lebaran biasanya naik, tapi mudah-mudahan tidak naik. Karena ini turun (puasa)," kata Hj Ros.

3. Disdag upayakan stabilitas harga

Harga Bawang di Makassar Turun di Awal Ramadan, Cabai NaikPedagang bahan pokok di Pasar Terong Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Armin Arista, mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok. Pihaknya akan terus melaksanakan operasi pasar.

"Untuk operasi pasar dalam rangka stabilisasi pasokan dan stabilisasi harga tetap dijadwalkan secara rutin di Posko Kontainer Makassar Recover kelurahan dan pasar-padar tradisional," katanya.

Baca Juga: Pemadaman Bergilir di Makassar, PLN: Sedang Pemeliharaan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya