Hadirkan Narsum Internasional, Pemkot Makassar Bahas Low Carbon City

OPD diminta menghasilkan inovasi terkait perubahan iklim

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar membahas tentang pembangunan kota rendah emisi karbon pada rapat koordinasi khusus (rakorsus), di Hotel Four Points, Senin (26/4/2024). Rakorsus yang jadi agenda rutin di awal tahun kali ini mengangkat tema 'Low Carbon City dengan Metaverse'.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan Makassar memiliki visi sebagai kota dunia. Untuk mewujudkan visi itu, Makassar juga harus memiliki komitmen yang mendunia.

"Salah satu komitmen dunia sekarang musuh bersama itu adalah emisi karbon yang semakin hari semakin tidak bisa dikendalikan," kata Danny kepada awak media.

Baca Juga: Berisiko, Tim Damkar Makassar Menolak Tangkap Buaya di Sungai Tallo

1. Dorong keterlibatan masyarakat untuk menekan perubahan iklim

Hadirkan Narsum Internasional, Pemkot Makassar Bahas Low Carbon CityWali Kota Makassar Danny Pomanto. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Danny mengatakan untuk menghemat atau mengurangi penggunaan karbon maka harus ada gerakan masif yang tersistem. Hal ini, kata Danny, bukan soal politik melainkan bagaimana melibatkan masyarakat.

"Rakorsus ini, adalah itu tadi masyarakat 15.000 yang menyaksikan, 1.200 dalam gedung dengan narasumber yang memadai karena itu pembicara nasional semua," kata Danny.

2. OPD diminta melahirkan inovasi

Hadirkan Narsum Internasional, Pemkot Makassar Bahas Low Carbon CityBalai Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda, meminta seluruh OPD untuk melahirkan inovasi yang berkaitan dengan low carbon. Hal ini sebagai antisipasi menghadapi perubahan iklim.

"Low Carbon ini sebenarnya antisipasi Pemkot Makassar dalam menghadapi perubahan iklim. Makanya Pak Wali fokus membuat program dan kegiatan berbasis ramah lingkungan," kata Zulkifli Nanda.

3. Daftar pembicara dalam rakorsus

Hadirkan Narsum Internasional, Pemkot Makassar Bahas Low Carbon CityPemerintah Kota Makasar menggelar rapat koordinasi khusus dengan tema "low carbon city dengan metaverse", di Hotel Four Points, Senin (26/2/2024). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Dalam rakorsus ini, Pemkot Makassar menghadirkan enam pembicara dari luar negeri. Para pembicara berasal dari lima negara.

Mereka adalah Helen Santiago Fink Program Manager Of US-ASEAN Smart City Partnership (USASCP) U.S Departement Of State (EAP/MLA) Cherokee Nation 3S Washington SD (Amerika Serikat)

Hirotsugu Kato Excecutive Officer At Oriental Consultan Global Japan (Jepang), Long Ji Sheng selaku Doctor Waste Management Planning and Engineering Shanghai SUS Environment (Cina).

Wangda Zuo Professor Architectural Engineering Pennsylvnia State University (Amerika Serikat), Tony Wong Professor Sustainable Development Monash University (Australia), dan Jon Lim Senior Vice President International Business Development ST Engineering (Singapura).

Selain menghadirkan pembicara dari luar negeri, Rakorsus Pemkot Makassar juga menghadirkan narasumber nasional. Mereka adalah Rima Ginanjar Zero Carbon Architecture Expert, Supardi Tan Digital Ecosystem Expert, dan Partha Sarathi Metro Capsul Expert.

Baca Juga: Balai Kota Makassar Dibobol Maling Lagi, Danny Pomanto Geram

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya