Gubernur Sulsel Resmi Tutup Porprov XVII Sinjai-Bulukumba

Kabupaten Wajo jadi rumah Porprov XVII pada 2026

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman resmi menutup perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Tahun 2022 Sinjai Bulukumba. Penutupan itu berlangsung meriah di Stadion Mini Bulukumba, Minggu (30/10/2022) malam.

Acara penutupan itu dihadiri Forkopimda Sulsel, Ketua KONI Sulsel, serta para bupati dan wali kota se-Sulsel. Acara penutupan makin meriah dengan menampilkan parade shalawat yang diikuti oleh ratusan anak santri asal Bulukumba. Kemudian ada pembacaan ayat suci Alquran. 

Sudirman mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan pekan olahraga tingkat provinsi ini. Dia juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para atlet.

“Selamat kepada para atlet dan daerah yang meraih prestasi demikian juga dengan seluruh atlet yang telah bertanding,” kata Sudirman.

Kontingen Makassar juara umum Porprov Sulsel yang digelar 22-30 Oktober 2022. Berada di tempat kedua Pangkep, disusul tuan rumah Sinjai di tempat ketiga.

Menurut data situs resmi Porprov Sulsel, Makassar mengumpulkan 176 medali emas, 80 perak, dan 100 perunggu. Total medali kontingen Makassar sebanyak 356 medali.

Pangkep di tempat kedua mengumpulkan total 122 medali, yakni 30 emas, 42 perak, dan 50 perunggu. Sedangkan Sinjai mendapatkan 138 medali, terdiri 26 emas, 38 perak dan 74 perunggu.

Baca Juga: Atlet Renang Makassar Diduga jadi Korban Pelecehan di Porprov Sulsel

1. Para juara dan atlet pemecah rekor menerima bonus

Gubernur Sulsel Resmi Tutup Porprov XVII Sinjai-BulukumbaPenyerahan bonus kepada kontingen Makassar sebagai juara umum Porprov XVII di Stadion Mini Bulukumba, Minggu (30/10/2022). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Pada kesempatan ini, Pemprov Sulsel juga memberikan hadiah khusus kepada peraih juara umum dan pemecah rekor. Ini merupakan kali pertama Pemprov Sulsel memberikan bonus uang pembinaan di kejuaraan empat tahunan yang sebelumnya dikenal dengan nama PORDA .

Untuk Porprov tahun ini, Pemprov Sulsel memberikan uang sebesar Rp500 juta kepada juara umum 1 yakni Kota Makassar. Kemudian uang Rp300 juta untuk juara umum 2 yaitu Kabupaten Pangkep. Selanjutnya uang sebesar Rp200 juta untuk juara umum 3 yaitu Kabupaten Sinjai. 

Selain juara umum, Pemprov Sulsel juga memberikan bonus kepada atlet pemecah rekor. Masing-masing atlet menerima uang sebesar Rp15 juta, bahkan ada atlet yang memecahkan 4 rekor meraih uang pembinaan sebanyak Rp 60 juta.

"Alhamdulillah, hari ini penutupan Porprov, kami memberikan bonus pembinaan senilai lebih dari Rp1 miliar untuk juara umum maupun atlet pemecah rekor," kata Sudirman.

2. Pemda diminta perhatikan pembinaan atlet

Gubernur Sulsel Resmi Tutup Porprov XVII Sinjai-BulukumbaGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberi sambutan pada acara penutupan Porprov XVII di Stadion Mini Bulukumba, Senin (31/10/2022). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Sudirman pun berharap penyerahan bonus ini menjadi motivasi para atlet untuk terus berprestasi. Selain itu, dia juga menekankan kepada pemerintah daerah agar memberikan perhatian terhadap pembinaan atlet berprestasi.

"Kita harap pemerintah kabupaten/kota juga memberikan perhatian terhadap pembinaan atlet berprestasi dapat berkelanjutan dan menjadi prioritas daerah. Karena dengan olahraga, mengangkat harkat dan martabat daerah, bangsa, dan negara di tingkat nasional dan Internasional," jelasnya.

3. Kabupaten Wajo jadi tuan rumah Porprov XVIII

Gubernur Sulsel Resmi Tutup Porprov XVII Sinjai-BulukumbaGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberi sambutan pada acara penutupan Porprov XVII di Stadion Mini Bulukumba, Senin (31/10/2022). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Adapun tuan rumah Porprov XVIII Tahun 2026 akan berlangsung di Kabupaten Wajo. Sudirman mengharapkan tuan rumah selanjutnya untuk mulai mempersiapkan diri dengan baik dari sekarang.

"Saya berharap tuan rumah berikutnya menyiapkan lebih dini. Jangan lihat 2026-nya tetapi dipersiapkan jauh hari,” katanya.

Baca Juga: Venue Dayung Porprov Sulsel Dikawal Aparat usai Pemukulan Atlet

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya