Forum Anak Desak Pemprov Sulsel Seriusi Isu Perundungan-Kekerasan

Forum Anak Sulsel sampaikan isu anak di Musrenbang Tematik

Intinya Sih...

  • Forum Anak Sulsel menyuarakan aspirasi dalam Musrenbang Tematik tahun 2024 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel.
  • Isu-isu yang disuarakan meliputi perundungan (bullying), kekerasan seksual, dan eksploitasi anak.
  • Mereka berharap suara anak bisa tersampaikan dan direalisasikan oleh pemerintah dalam program kegiatan dan penganggaran.

Makassar, IDN Times - Putra-putri daerah yang tergabung dalam Forum Anak Sulawesi Selatan menyuarakan aspirasinya dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik tahun 2024. Musrenbang ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (25/4/2024).

Musrenbang Tematik merupakan rangkaian dari Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2025 yang akan diselenggarakan di Makassar, pada 30 April 2024 mendatang. Anak, perempuan, disabilitas, stunting, dan kemiskinan, merupakan sederet utama yang dibahas dalam Musrenbang Tematik ini.

"Di sini kami hadir dari forum anak di kabupaten dan kota tentunya membawa hasil diskusi di Musrenbang anak tingkat kabupaten dan kota," kata Muhamad Yusran Yusuf selaku Ketua Forum Anak Sulsel.

1. Menyuarakan isu-isu tentang anak

Forum Anak Desak Pemprov Sulsel Seriusi Isu Perundungan-KekerasanMusyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik tahun 2024, Kamis (25/4/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Ada beberapa isu yang disuarakan oleh Forum Anak. Salah satunya yaitu isu perundungan atau bullying yang marak terjadi pada anak belakangan ini.

Selain isu bullying, isu lain yang vokal disuarakan yaitu mengenai kekerasan seksual. Pasalnya, anak merupakan kelompok masyarakat yang sangat rentan kekerasan apalagi pelaku biasanya adalah orang terdekat. Isu lainnya yakni eksploitasi anak.

Forum Anak Sulsel berharap isu-isu itu bisa dibawa dan dibahas dalam Musrenbang RPJPD dan RKPD nanti. Mereka berharap memiliki ruang yang aman sebagai anak.

"Besar harapan kami, suara anak di Sulsel itu bisa tersampaikan oleh pemerintah dan bisa sekaligus direalisasikan," kata Yusran.

2. Pembangunan harus merata untuk semua kelompok masyarakat

Forum Anak Desak Pemprov Sulsel Seriusi Isu Perundungan-KekerasanMusyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik tahun 2024, Kamis (25/4/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Pj Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Muhammad Arsjad, mengatakan perlindungan anak merupakan isu global. Begitu pun dengan isu pemberdayaan perempuan dan disabilitas.

"Kita harus memastikan bahwa pembangunan kita harus merata. Mereka menjadi bagian yang mendapatkan akses untuk itu dan merasakan hasil pembangunan," kata Arsjad.

3. Diharapkan bukan sekadar wacana tapi realisasi

Forum Anak Desak Pemprov Sulsel Seriusi Isu Perundungan-KekerasanMusyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik tahun 2024, Kamis (25/4/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Musrenbang, kata Arsjad, merupakan menjadi forum yang mempertemukan segala pemikiran mengenai permasalahan di sekitar. Usulan-usulan dari kelompok-kelompok tersebut akan dituangkan dalam rumusan perencanaan.

"Kita berharap isu ini tidak hanya sekedar diwacanakan, tidak sekedar diskusikan tapi dieksekusi dalam program kegiatan dan penganggaran. Makanya sifatnya tematik supaya lebih fokus dan lebih terarah," kata Arsjad.

Baca Juga: Musrenbang Perubahan RPJMD, Sulsel Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya