Dokter Sempat Mogok, Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Gowa Kembali Normal

Dokter dan nakes mogok kerja karena honor tidak dibayar

Makassar, IDN Times - Pelayanan poliklinik RSUD Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali berjalan normal, Selasa (7/11/2023). Sebelumnya, puluhan pasien yang sudah menunggu sejak pagi disuruh pulang lantaran tidak ada dokter.

Pasien yang kemarin disuruh pulang kembali datang hari ini. Mereka pun diberi kemudahan dalam pengurusan administrasi untuk mendapatkan layanan kembali.

"Sudah diumumkan kalau pasien diminta datang jam 8 dan tidak perlu melakukan pengurusan administrasi lagi. Hanya karena ada kewajiban finger dari BPJS jadi setelah finger mereka bisa langsung ke poli untuk dilayani," kata Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni.

1. Pasien jadi bertumpuk

Dokter Sempat Mogok, Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Gowa Kembali NormalWakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni memantau pelayanan kesehatan di RSUD Syekh Yusuf, Selasa (7/11/2023). Humas Pemkab Gowa

Karaeng Kio, sapaannya, mengakui bahwa kedatangan pasien yang kemarin disuruh pulang membuat jumlah pasien bertumpuk. Dia pun meminta pasien bersabar karena pasien yang jumlahnya agak bertumpuk dibanding hari biasanya. 

"Sabar ki' semuanya bapak ibu, semua akan dapat layanan. Antri ki' baek-baik dan akan terlayani. Jumlah pasien bertambah tapi kami janji semua akan dilayani," katanya saat berkomunikasi dengan pasien.

2. Pasien yang disuruh pulang diberikan kemudahan

Dokter Sempat Mogok, Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Gowa Kembali NormalPasien RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa pulang setelah tidak dilayani oleh dokter dan tenaga kesehatan, Senin (6/11/2023)/Istimewa

Kepala BPJS Kabupaten Gowa, dr Fika Wiryawati Wirawan, menjelaskan proses finger masuk dalam prosedur layanan. Walaupun ada kemudahan pengurusan administrasi terkhusus pasien yang datang kemarin, tahapannya tidak bisa dilewati.

Finger print, kata dia, bertujuan supaya tidak ada penyalahgunaan kartu. Pasien yang finger print harus orang yang sama dengan yang ada di kartu.

"Jangan sampai ada penyalahgunaan kartu oleh orang yang tidak benar. Jadi kalau sudah finger tidak perlu antri lagi tinggal naik di poliklinik menunggu jam dokter sesuai dengan jam kedatangan," kata dr Fika.

3. Dokter ditambah untuk percepat pelayanan

Dokter Sempat Mogok, Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Gowa Kembali NormalWakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni memantau pelayanan kesehatan di RSUD Syekh Yusuf, Selasa (7/11/2023). Humas Pemkab Gowa

Untuk mempercepat layanan, dokter yang memeriksa di poli juga ditambahkan. Hal ini untuk mempercepat pemeriksaan pasien yang jumlahnya lebih banyak karena ada gabungan pasien kemarin dan hari ini.

"Tadi saya cek ada beberapa poli yang dokternya ditambah seperti interna," katanya.

Baca Juga: Nakes Mogok Kerja, Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa Terlantar

4. Pasien dapatkan layanan kesehatan

Dokter Sempat Mogok, Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Gowa Kembali NormalIlustrasi - pasien dirawat di RSUD Syekh Yusuf Gowa. (Istimewa)

Salah satu pasien bernama, Yusri Dini, mendapatkan layanan kembali normal walau masih melihat ada beberapa pasien kebingungan.

"Alhamdulillah layanan normal, tadi saya datang pukul 07.30 WITA. Finger untuk BPJS langsung ke poli untuk pemeriksaan," jelasnya.

Pelayanan kembali normal juga turut dirasakan oleh pasien lainnya yaitu Restu Kurniawan warga Biringbulu.

"Kemarin saya datang untuk berobat tapi dokternya katanya tidak masuk jadi saya pulang. Hari ini alhamdulillah dokternya sudah masuk kembali dan pelayan sudah membaik seperti hari hari sebelumnya," ujar Restu.

Baca Juga: Wabup Gowa Bantah soal Nakes Mogok Kerja di RSUD Syekh Yusuf

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya