DLH Makassar Kembali Temukan Penebangan Pohon Tanpa Izin

Pohon ditebang dengan alasan mengganggu kabel listrik

Makassar, IDN Times - Penebangan pohon tanpa izin kembali terjadi di Kota Makassar. Kali ini terjadi di Jalan Jenderal Sudirman. Ada dua pohon yang ditebang. 

Penebangan pohon tersebut belum mengantongi izin dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar. Penebangan ini hanya diketahui secara tidak sengaja oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar, saat dirinya sedang melintas di ruas jalan tersebut, Kamis (10/8/2023). 

"Saya cukup kecewa melihat ada penebangan pohon tanpa konfirmasi dengan DLH," kata Ferdy kepada wartawan Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: DLH Makassar Beri Sanksi Warga Penebang Pohon di Jalan Boulevard

1. Alasannya mengganggu kabel listrik

DLH Makassar Kembali Temukan Penebangan Pohon Tanpa IzinKondisi penebangan pohon tanpa izin di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (10/8/2023). Dok. DLH Makassar

Melihat penebangan itu, Ferdy pun singgah dan langsung menegur serta meminta petugas berhenti menebang pohon. Dari konfirmasinya, orang yang menebang pohon adalah petugas PLN. 

Ferdy mengaku tidak mempermasalahkan alasan penebangan itu. Namun yang disayangkan karena tidak adanya koordinasi sebelum menebang pohon.

"Mereka beralasan karena pohon tersebut menganggu kabel listrik. Tapi paling tidak melapor dan yang memiliki kewenangan adalah DLH," kata Ferdy. 

2. DLH akan bersurat kepada PLN

DLH Makassar Kembali Temukan Penebangan Pohon Tanpa IzinKepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar, melihat area penebangan pohon tanpa izin di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (10/8/2023). Dok. DLH Kota Makassar

DLH Kota Makassar akan berkomunikasi dengan pengawas lapangan PLN. Pihaknya akan bersurat kepada PLN untuk tidak menebang pohon tanpa berkoordinasi dengan DLH.

"Kami akan menyurat dengan PLN untuk tidak pembiaran, apalagi di jantung utama di Jalan Sudirman, yang biasanya dipakai untuk car free day di hari Minggu," kata Ferdy.

3. Bukan pertama kali ada penebangan tanpa izin

DLH Makassar Kembali Temukan Penebangan Pohon Tanpa IzinPetugas DLH Makassar memeriksa langsung pohon yan ditebang di Jalan Boulevard, Selasa (18/7/2023). Dok. DLH Makassar

Lebih lanjut, Ferdy mengatakan bahwa keberadaan pohon sangat penting untuk kesejukan dan kebersihan udara. Untuk itu, dia berharap tidak ada lagi penebangan pohon tanpa izin.

"Ini terus-menerus terjadi mereka melakukan penebangan pohon tanpa melakukan koordinasi. Jadi kami akan menyurat untuk rapat teknis bersama," kata Ferdy.

Baca Juga: Puluhan Pohon Ditebang untuk Bangun MPP Makassar, Walhi Sulsel: Ironi!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya