Disdik Sulsel Pastikan Keamanan Data dan Kesiapan Server PPDB Online

Disdik siapkan sejumlah langkah antisipasi

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel) Iqbal Najamuddin, memastikan server dan situs penerimaan peserta didik baru (PPDB) aman. Dia memastikan server tidak akan mudah mengalami kesalahan atau error seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Klaim tersebut lantaran pihak Disdik telah membuka pra pendaftaran sebelum PPDB dimulai. Dalam tahapan ini, para peserta didik telah lebih dulu membuat akun sehingga tidak akan menyulitkan saat pendaftaran dibuka nanti.

"Pra PPDB ini bagian dari sosialisasi kepada anak-anak semua. Kami atur waktunya agak lama supaya semua data anak sekolah bisa teregisrasi," kata Iqbal dalam konferensi pers di kantor Disdik Sulsel, Jumat (9/6/2023).

1. Ada tahapan pra pendaftaran

Disdik Sulsel Pastikan Keamanan Data dan Kesiapan Server PPDB OnlineIlustrasi PPDB. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Pendaftaran peserta didik baru jejang SMA/SMK di Sulsel dimulai pada 19 Juni 2023. Saat ini, tahapan PPDB baru pra pendaftaran. 

Pra pendaftaran ini dimaksudkan guna mengamankan data calon pendaftar beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Pasalnya, salah satu faktor penyebab server down di hari pertama pendaftaran biasanya karena pendaftar bersamaan mengunggah dokumennya.

"Kita mau siapkan untuk mengantisipasi keamanan data dan prosesnya anak-anak bisa nyaman untuk meng-upload selama 11 hari pra pendaftaran," kata Iqbal.

2. Lebih dari 44 ribu calon pendaftar telah registrasi

Disdik Sulsel Pastikan Keamanan Data dan Kesiapan Server PPDB Online(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Iqbal menyebutkan sejauh ini sudah ada sekitar 44 ribu calon pendaftar yang registrasi secara online melalui situs ppdb.sulselprov.go.id. Jumlah ini dipastikan masih bertambah sebab tahapan ini berlangsung hingga 16 Juni 2023.

"Mudah-mudahan satu hari ini bisa lebih dari 50 ribu yang masuk. Jadi tinggal butuh setengahnya lagi dan kita menunggu 5 hari ke depan. Mereka juga masih bisa meng-upload," katanya.

Menurut Iqbal, hal ini menunjukkan tingginya antusiasme calon pendaftar. Dia pun menekankan bahwa tidak boleh ada pengaduan dari calon pendaftar yang tidak dijawab. 

"Kalau ada pengaduan hari itu langsung dijawab," katanya.

3. Disdik siapkan 11 server

Disdik Sulsel Pastikan Keamanan Data dan Kesiapan Server PPDB OnlineIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Rafi Muis selaku Team Leader Projects PPDB Sulsel juga memastikan proses PPDB online berlangsung baik. Dia menegaskan bahwa pihaknya telah mengantisipasi melonjaknya pendaftar secara bersamaan.

Tidak bisa dipungkiri, kendala-kendala teknis tetap akan ada. Namun panitia berusaha meminimalkan kendala.

“Meski sebelumnya pada pendaftaran awal terdapat kendala sebanyak 100 user gagal registrasi disebabkan human error namun kami telah diantisipasi dengan menyiapkan bahan sosialisasi PPDB online berupa tutorial dan konten," katanya.

Untuk menjamin kelancaran proses pendaftaran nanti, Disdik bekerja sama dengan Telkom menggunakan 11 server yang saling bekerja satu sama lain.

Baca Juga: Jadwal PPDB SMA dan SMK 2023 di Sulsel, Ini Alur Pendaftarannya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya