Disdik Makassar Janjikan PPDB Online 2021 Tak Bermasalah

PPDB Makassar banyak dikeluhkan tahun lalu

Makassar, IDN Times - Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba menjamin penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SD dan SMP tahun 2021 bakal berjalan lancar. Pihaknya mengklaim telah menyiapkan sejumlah antisipasi kendala yang bisa muncul.

Nielma mengatakan, dalam hal ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk urusan data calon peserta didik. Sedangkan untuk urusan kelancaran akses data dan server, Disdik bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika.

"Jadi kita telah identifikasi masalah tahun lalu, tidak akan jatuh di lubang yang sama seperti jaringan," kata Nielma, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Pendaftar Membeludak, Situs PPDB Sulsel Langsung Eror

1. Disdik Makassar buatkan aplikasi khusus PPDB

Disdik Makassar Janjikan PPDB Online 2021 Tak BermasalahIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Nielma mengatakan Disdik Makassar menghadirkan aplikasi khusus pendaftaran PPDB online tahun ini. Itu bertujuan untuk mempercepat proses pendaftaran. Karena jika situs pendaftaran PPDB online diakses bersamaan maka server berpotensi error.

Disdik pun telah melaporkan ke pemerintah pusat soal pendaftaran PPDB secara mandiri yang tidak melibatkan vendor atau pihak swasta serta soal aplikasi tersebut. Dengan demikian, aplikasi itu menjadi hak milik pemerintah Kota Makassar.

"Jadi nanti ini kita pake lagi, sisa update data, tentunya kalau ada masalah sinkronisasi data kan biasanya ribuan orang masuk," ujarnya.

2. PPDB tahun lalu banyak masalah

Disdik Makassar Janjikan PPDB Online 2021 Tak BermasalahIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Nielma tidak menampik soal banyaknya kendala yang kerap muncul saat pendaftaran PPDB online. Di antaranya server bermasalah, situs tidak bisa diakses hingga ketidaksesuaian data calon peserta didik yang tertera di situs dan di KK.

Seperti tahun lalu, tak sedikit orang tua siswa maupun calon peserta didik yang mengeluhkan hal itu. Bahkan ada yang titik koordinatnya berada di Antartika. Belum lagi jika jaringan internet tidak lancar.

"Tahun lalu kan begitu, ibaratnya lalu lintas banyak yang akses jadi wajar server down. Tapi malam ada yang bisa akses jadi wajar pagi sampai siang seperti itu. Kami berdoa agar masalah tahun lalu tidak terjadi lagi," ujarnya.

3. Persiapan jelang PPDB disebut sudah 80 persen

Disdik Makassar Janjikan PPDB Online 2021 Tak BermasalahIlustrasi PPDB. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

PPDB online untuk tingkat SD dan SMP di Makassar rencananya dimulai pada 21 Juni 2021 mendatang. Disdik pun terus mematangkan persiapan

Secara keseluruhan, kata Nielma, persiapannya sudah matang, termasuk soal sistem yang akan digunakan. "Persiapan kita sudah 80 persen, mengingat waktu kan konsisten dengan jadwal tanggal 21 Juni," katanya.

Baca Juga: IDI Makassar Minta Rencana Sekolah Tatap Muka Ditimbang Ulang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya