Direvitalisasi, Lapangan Karebos Makassar Ditutup Satu Tahun

Tidak ada aktivitas umum di Lapangan Karebosi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mulai merevitalisasi Lapangan Karebosi. Lapangan yang menjadi ikon Kota Makassar ditutup untuk aktivitas umum selama pengerjaan. 

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Andi Engka, mengatakan lapangan ini akan dikerjakan selama setahun. Dengan demikian, selama itu pula lapangan ini ditutup untuk publik. 

"Sementara pengerjaan. Pemagarannya sudah selesai. Di dalam sedang pembuatan gudang dengan pengukuran-pengukuran. Itu yang saat ini dikerjakan. Jadi ditutup total," kata Andi Engka saat diwawancarai IDN Times, Jumat (9/1/2024).

Baca Juga: Intip Desain Renovasi Lapangan Karebosi, Ada Jogging Track Melayang

1. Pemkot anggarkan Rp62 miliar

Direvitalisasi, Lapangan Karebos Makassar Ditutup Satu TahunDesain revitalisasi lapangan Karebosi Makassar. (Dok. Pemkot Makassar)

Untuk merevitalisasi Lapangan Karebosi, Pemkot Makassar menganggarkan sekitar Rp62 miliar dengan target satu tahun pengerjaan. Anggaran ini untuk membenahi dan menambah beberapa sarana dan prasarana. 

"Fasilitas yang ada di dalam itu ada jogging track, sky track, ada lapangan futsal dengan lapangan bola," kata Engka.

2. Lapangan Karebosi jadi salah satu ruang publik

Direvitalisasi, Lapangan Karebos Makassar Ditutup Satu TahunLapangan Karebosi Makassar sebelum direvitalisasi. (Dok. Pemkot Makassar)

Engka mengatakan sarana dan prasarana Lapangan Karebosi ini dibuat untuk masyarakat. Selama ini, Lapangan Karebosi menjadi salah satu pusat ruang publik masyarakat khususnya untuk berolahraga. 

Berangkat dari hal itu, Pemkot ingin membenahi Lapangan Karebosi. Terlebih lagi, kondisi beberapa bagian lapangan tersebut memang sudah tidak memadai.

"Di dalamnya ada ruang-ruang sosial. Orang bisa bertemu di situ. Berolahraga sehingga apa yang dibilang Bapak Wali Kota ukuran kebahagiaan masyarakat Kota Makassar itu tentunya akan bertambah lagi dengan banyaknya ruang-ruang publik," kata Engka.

3. Pemkot sudah menerima HPL Lapangan Karebosi

Direvitalisasi, Lapangan Karebos Makassar Ditutup Satu TahunBalai Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Pemkot Makassar juga telah resmi menerima dokumen fisik Sertifikat Hak Pengelolaan (HPL) Karebosi Makassar. HPL ini akhirnya terbit setelah menanti 44 tahun lamanya.

Penerimaan itu berlangsung secara simbolis oleh Kepala ATR/BPN Kota Makassar, Muh. Syukur, kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Kamis, 21 Desember 2023 lalu.

Baca Juga: Dari Karebosi ke Sudiang, Ini 5 Jogging Track di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya