Dapat 19 Kursi DPRD Sulsel, NasDem Berpeluang Jadi Pemenang di Sulsel

Potensi rebut posisi ketua DPRD Sulsel

Makassar, IDN Times - Partai NasDem hampir bisa dipastikan akan menjadi pemenang dalam perebutan kursi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan 2024. Partai ini memperoleh 19 kursi dari total 85 kursi DPRD Sulsel.

Angka tersebut menjadikan NasDem sebagai peraih suara tertinggi dalam perebutan kursi DPRD Sulsel. Hal ini dikonfirmasi Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif.

"Data sementara C1 plano, perolehan kursi NasDem dari 11 dapil untuk DPRD Sulsel. Total 19 kursi," kata Syahruddin Alrief, Jumat (23/2/2024).

1. Sapu bersih 11 dapil

Dapat 19 Kursi DPRD Sulsel, NasDem Berpeluang Jadi Pemenang di SulselIlustrasi pemilu/ kampanye. (IDN Times/Agung Sedana)

Syahar merincikan untuk Dapil Sulsel 1 (Makassar A) yang meliputi 11 kecamatan di Makassar, yakni Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Pandang, Wajo, Kecamatan Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, Kecamatan Tamalate, Kecamatan Rappocini, Kepulauan Sangkarrang, NasDem meraih 2 dari 9 kursi. Untuk Dapil Sulsel II (Makassar B) yang meliputi 4 kecamatan di Makassar, yakni Panakkukang, Biringkanaya, Manggala dan Tamalanrea, hanya 1 dari 6 kursi.

Kemudian, untuk Dapil Sulsel III yang meliputi 2 kabupaten yakni Gowa dan Takalar, NasDem mendapat 1 dari 9 kursi yang diperebutkan. Lalu, dalam Dapil Sulsel IV yang meliputi 3 kabupaten yakni Bantaeng, Jeneponto Kepulauan Selayar, NasDem mendapat 2 dari 7 kursi.

Selanjutnya dari Dapil Sulsel V yang meliputi 2 kabupaten yakni Sinjai dan Bulukumba, NasDem mendapat 1 dari 6 kursi. Berikutnya, dari Dapil Sulsel VI yang meliputi 4 kabupaten/kota yakni Maros, Pangkep, Barru dan Parepare terdapat 2 dari 9 kursi.

Lalu ada Dapil Sulsel VII yang hanya meliputi Kabupaten Bone, NasDem meraih 1 dari 7 kursi. Sementara Dapil Sulsel VIII yang meliputi 2 kabupaten yakni Soppeng dan Wajo, NasDem meraih1 dari 7 kursi yang diperebutkan. 

Di Dapil Sulsel IX yang meliputi 3 kabupaten, yakni Pinrang, Sidrap dan Enrekang, NasDem berjaya dengan meraih 5 dari 9 kursi yang diperebutkan. Untuk Dapil Sulsel X yang meliputi Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, NasDem meraih 1 dari 5 kursi. 

Terakhir di Dapil Sulsel XI yang meliputi 4 kabupaten/kota di Luwu Raya yakni Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo, NasDem meraih 2 dari 11 kursi. Dengan demikian, total ada 19 kursi yang diraih partai Nasdem.

2. Raih suara tertinggi

Dapat 19 Kursi DPRD Sulsel, NasDem Berpeluang Jadi Pemenang di SulselHasil real count sementara suara partai politik Pemilu 2024 di Sulsel. (dok. KPU)

Hasil real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilu Legislatif DPRD Sulsel 2024, Partai Nasdem meraih suara tertinggi, disusul Golkar dan Gerindra. Dari data yang diakses pada situs resmi KPU RI pada Jumat (23/2/2024), NasDem telah meraih 460.823 suara (17,88 persen), Golkar 391.371 suara (15,19 persen) dan Gerindra 390.710 suara (15,16 persen).

Kini Partai NasDem Sulsel mengklaim telah mengunci 19 kursi di DPRD Sulsel pada Pileg 2024. Namun kepastiannya ini masih menunggu hasil pleno tingkat PPK di Kecamatan masing-masing hingga di tingkat KPU Kota dan Provinsi.

Baca Juga: Real Count: Prediksi 8 Caleg DPR RI Lolos di Dapil Sulsel I

3. Siap rebut posisi ketua DPRD Sulsel

Dapat 19 Kursi DPRD Sulsel, NasDem Berpeluang Jadi Pemenang di SulselIlustrasi rapat DPRD Sulsel. (IDN Times)

Syahar pun optimistis Partai NasDem akan menjadi pemenang di Sulsel. Jika demikian, maka NasDem akan mencetak sejarah baru dengan meruntuhkan dominasi Golkar selama ini.

Apabila menang, maka NasDem juga akan menggeser Golkar dari posisi Ketua DPRD Sulsel. Selain itu, NasDem juga berpeluang mengusung sendiri calon gubernur untuk Pilgub 2024 mendatang.

"Kalau berhasil tembus 19 kursi, NasDem ke depan sudah bisa mengusung calon Gubernur sendiri untuk Pilgub 2024 yang akan datang," kata Syahar.

Baca Juga: Daftar Eks Kepala Daerah di Sulsel Bertumbangan di Pileg DPR RI

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya