Danny Pomanto Tancap Gas Menuju Pilgub Sulsel usai Lebaran

Danny mulai menyusun tim pemenangan jelang Pilkada 2024

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto kian santer dikabarkan bakal mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2024. Danny bahkan menyatakan sudah siap tancap gas mempersiapkan pencalonan usai lebaran Idul Fitri nanti. 

Dia tak menampik sudah banyak parpol yang berkomunikasi dengan partai yang menauinginya, yakni PDI Perjuangan. Walaupun hanya komunikasi biasa, namun Danny mengatakan parpol terkait tetap menunggu.

"Pertanyaan mereka, apakah saya sudah punya survei. Ini saya lagi survei habis lebaran, karena saya tidak mau residu Pileg dan Pilpres ini jadinya bisa mengacaukan residu survei nanti (Pilkada)," kata Danny di kediamannya, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Danny Pomanto Ingin Ubah Lahan Bekas Stadion Mattoanging Jadi RTH

1. Danny bakal sebar baliho setelah lebaran

Danny Pomanto Tancap Gas Menuju Pilgub Sulsel usai LebaranWali Kota Makassar, Danny Pomanto. IDN Times/Ashrawi Muin

Baliho Danny Pomanto memang telah banyak beredar sejak tahun lalu. Namun dia mengaku tidak membuat baliho-baliho itu melainkan dari relawan dan simpatisan.

"Bukan saya, dari dulu itu bukan saya. Itu betul-betul dari relawan atau simpatisan. Nanti ada baliho saya yang masuk, nanti bakal kelihatan setelah lebaran," kata Danny.

Dia menyebutnya sebagai testing the water atau cek ombak. Dengan kata lain, dia masih harus mengkaji semuanya sebelum mantap maju pada perhelatan Pilgub Sulsel 2024.

"Belum tentu juga toh, siapa tahu kita tidak memungkinkan untuk maju dari survei yang ada, ya tidak usah maju. Kenapa kita terlalu berambisi duluan di depan, rasionalitas yang harus di depan," kata Danny.

2. Danny segera menyusun tim relawan

Danny Pomanto Tancap Gas Menuju Pilgub Sulsel usai LebaranWali Kota Makassar, Danny Pomanto. IDN Times/Ashrawi Muin

Meski begitu, Danny cukup bersyukur karena selalu masuk dalam pantauan survei. Setidaknya ini bisa menjadi tolok ukur untuk maju ke Pilgub Sulsel, terlebih dia telah memiliki pengalaman sebagai kepala daerah di Makassar selama dua periode. 

Danny juga mengaku sedang menyusun tim relawan. Mereka akan aktif bergerak setelah lebaran nanti 

"Sementara kita susun, pileg kemarin kan saya tidak turunkan relawan karena saya harus pada posisi netral (kepala daerah)," kata Danny.

3. Konsep berbeda diusung pada Pilgub Sulsel

Danny Pomanto Tancap Gas Menuju Pilgub Sulsel usai LebaranWali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Kamis (22/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Meski menyatakan akan bergerak setelah lebaran, namun Danny tetap harus merencanakan konsep secara matang. Pasalnya, atmosfer Pilwali Makassar dengan Pilgub Sulsel tentu berbeda. 

Karena itu, pihaknya saat ini juga sedang masif melaksanakan konsolidasi. Menurutnya, konsep menjadi salah satu bagan penting dari perhelatan politik.  

"Kita harus menyusun konsep yang berbeda. Ini sangat beda, beda waktu, tempat, dan beda strategi. Jadi yang penting daripada perhelatan politik adalah konsepnya karena kalau saya itu bukan bagaimana saya maju, tetapi siapa sebenarnya lawannya kita," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto bersama 10 Kepala Daerah Gugat UU Pilkada ke MK

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya