Danny Pomanto Ngaku Perhatikan Nasib Petepete meski Ada Ojol Day

Petepete tidak akan diabaikan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar memberlakukan Ojol Day mulai hari ini, Selasa (20/9/2022). Kebijakan ini sempat menuai reaksi karena dinilai tidak berpihak kepada tranportasi publik, salah satunya angkutan kota Petepete.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengakui adanya keluhan dari sopir angkutan kota pete-pete terkait Ojol Day. Dia pun mengaku tidak akan mengabaikan transportasi publik legendaris Kota Makassar itu. 

"Saya dapat ada sedikit komplain dari komunitas lain misalnya pete-pete. Insyaallah kita akan perhatikan semua," kata Danny.

1. Minim jalur Petepete ke Balai Kota

Danny Pomanto Ngaku Perhatikan Nasib Petepete meski Ada Ojol DayIlustrasi Petepete. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny menjelaskan alasan mengapa bukan petepete yang digunakan sebagai imbauan bagi ASN. Hal itu karena minimnya jalur petepete yang menuju langsung ke Balai Kota Makassar. Sedangkan layanan ojol bisa mengantar langsung penumpang ke tempat tujuan.

"Sayangnya Petepete tidak ada jurusan Balai Kota, seandanya ada insyaallah saya akan pakai juga Petepete," kata Danny.

2. Danny tetap imbau ASN pakai transportasi publik

Danny Pomanto Ngaku Perhatikan Nasib Petepete meski Ada Ojol DayWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun mengimbau kepada ASN Pemkot Makassar dan Laskar Pelangi sebisa mungkin mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sudah saatnya masyarakat kembali menggunakan transportasi publik.

“Kan tidak banyak jalur Petepete yang langsung ke Balai Kota. Jadi bisa saja teman-teman ASN atau Laskar Pelangi yang mungkin rumahnya di Gowa bisa naik petepete dulu baru naik ojol atau ojek ke kantor. Jadi semua dapat manfaat,” sebutnya. 

3. Ojol Day akan meluas ke sektor swasta

Danny Pomanto Ngaku Perhatikan Nasib Petepete meski Ada Ojol DayWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menggunakan ojek online menuju Balai Kota Makassar, Selasa (20/9/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Ojol Day juga akan diberlakukan meluas kepada kalangan pekerja di sektor swasta dan perbankan. Danny mengatakan perkembangan Ojol Day akan dipantau selama sebulan. Hal ini untuk melihat sisi mana yang harus diperbaiki sebelum diberlakukan lebih luas.

“Kita akan uji selama sebulan ini. Pemkot Makassar kan hari Selasa. Kita nanti akan coba Rabu mungkin Ojol Day buat perbankan, Kamis buat perusahaan swasta. Kita akan coba,” kata Danny.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya