Danny Pomanto Ingin Ubah Lahan Bekas Stadion Mattoanging Jadi RTH

Ingin bangun fasilitas olahraga low carbon

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto punya keinginan membangun ruang terbuka hijau (RTH) di atas lahan bekas Stadion Mattoanging. Lahan itu telah lama terbengkalai sejak bangunan stadion dibongkar pada Oktober 2020 lalu.

Dia mengatakan salah satu aturan dalam tata ruang yaitu membuat RTH. Menurutnya, lahan bekas stadion itu tepat karena bangunannya sudah dibongkar.

"Kita akan buat RTH yang juga olahraga, tempat orang joging, orang olahraga di situ dan karena sudah rata, tidak terlalu sulit untuk dengan CSR kita bisa membangun itu," kata Danny, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Proyek Pembangunan Stadion di Sudiang Makassar Akan Dibiayai APBN

1. Danny menunggu perintah Pj Gubernur

Danny Pomanto Ingin Ubah Lahan Bekas Stadion Mattoanging Jadi RTHPj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Rencana pembuatan RTH ini sejalan dengan pembangunan rendah emisi karbon atau low carbon yang dicanangkan tahun ini. Beberapa waktu lalu, Pemkot Makassar menggelar rapat koordinasi khusus membahas tentang rencana Kota Makassar menuju kota rendah emisi karbon.

Meski begitu, kegiatan Danny itu baru sebatas usulan saja. Namun jika ada instruksi dari Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, maka dia mengaku siap untuk pembuatan RTH.

"Yang penting ada perintah dari Bapak Gubernur karena itu punyanya provinsi, Kota Makassar siap untuk mengisi eks Mattoanging kita buat olahraga dalam bentuk yang lebih low carbon," kata Danny.

2. Siap dukung pembangunan stadion baru

Danny Pomanto Ingin Ubah Lahan Bekas Stadion Mattoanging Jadi RTHWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Di sisi lain, Danny mengaku siap mendukung pembangunan stadion baru di Sudiang. Pasalnya, stadion saat ini merupakan mimpi besar masyarakat Kota Makassar.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara kemarin, Danny turut membahas perihal stadion. Dia menerima perintah untuk mempersiapkan pembangunan infrastruktur pendukung stadion. 

"Satu minggu Pak Gubernur memerintahkan kepada kami dan teman-teman di Maros untuk segera mempersiapkan jaringan jalan, penganggaran khusus untuk membackup jalan dan lahan untuk stadion," kata Danny.

3. Presiden janji bangun stadion

Danny Pomanto Ingin Ubah Lahan Bekas Stadion Mattoanging Jadi RTHPresiden Joko “Jokowi” Widodo memberi arahan di acara konsolidasi nasional Pemilu 2024 di Istora Senayan, Sabtu (30/12/2023) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, pembangunan ulang Stadion Mattoanging masih menemui jalan buntu. Masalah hukum masih menghambat sehingga belum ada kepastian kapan pembangunan dilanjutkan.

Di tengah ketidakpastian itu, Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Makassar pada 22 Februari 2024 lalu, berjanji akan membangun stadion megah di Makassar. Rencananya, pembangunan stadion itu dimulai tahun ini dan memilih lokasi di Sudiang.

"Tadi bapak presiden menjanjikan langsung tahun ini dibangun di Sulawesi Selatan oleh menteri PUPR," kata Bahtiar, saat diwawancara awak media, usai mendampingi Jokowi dalam lawatannya di Makassar, Kamis 22 Februari 2024.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Stadion di Sudiang Ditargetkan Juli Tahun Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya