Danny Pomanto Imbau Warga Makassar Siaga Banjir Malam Ini

Curah hujan tinggi bertepatan puncak pasang air laut

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi banjir malam ini, Sabtu (9/3/2024). Hal itu dipicu oleh curah hujan tinggi yang bertepatan dengan puncak pasang airu laut.

"Semua siaga banjir hari ini terutama pada saat puncak pasang yang mulai jam 17.00 - 21.00 WITA," kata Danny dalam siaran persnya, Sabtu.

Baca Juga: Rekap KPU Makassar Tuntas: Prabowo-Gibran Unggul Tipis di Pilpres

1. Masyarakat diimbau waspada tapi tidak panik

Danny Pomanto Imbau Warga Makassar Siaga Banjir Malam Iniilustrasi banjir (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Danny juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk bergerak mengantisipasi banjir. Sementara untuk masyarakat, Danny mengimbau mereka agar tidak panik.

"Kepada seluruh OPD, camat, lurah dan warga masyarakat agar tidak panik dan perlu mewaspadai banjir pasang naiknya air laut yang dipicu curah hujan yang tinggi," kata Danny.

2. Danny tekankan upaya mitigasi banjir

Danny Pomanto Imbau Warga Makassar Siaga Banjir Malam IniWali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Kamis (22/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Danny menjelaskan perubahan iklim memberikan dampak yang begitu luas, termasuk bencana banjir yang terjadi di banyak daerah. Oleh karena itu, dia menekankan kesiapan mitigasi bencananya.

"Koordinasi, komunikasi dan akumulasi semua kekuatan kita dan mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana itulah kuncinya," kata Danny.

Danny menjelaskan, rumus terjadinya banjir adalah curah hujan tinggi dan pasang air laut. Kedua indikator dilihat Danny melalui aplikasi.

3. Danny minta dinas terkait perbaiki drainase

Danny Pomanto Imbau Warga Makassar Siaga Banjir Malam Iniilustrasi banjir (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Akan tetapi, Danny menggarisbawahi soal drainase yang tersumbat. Untuk itu, dia menginstruksikan dinas terkirim agar saluran drainase terus diperbaiki. 

Dari situ, upaya mitigasi inilah yang disempurnakan. Dia juga menekankan perihal kelistrikan saat bencana terutama banjir agar mampu diantisipasi saat air meninggi. 

Baca Juga: Danny Pomanto Ingin Ubah Lahan Bekas Stadion Mattoanging Jadi RTH

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya