Comscore Tracker

Danny Cuma Mau Rel Kereta di Makassar Melayang, Tak Urus soal Lokasi

Pemprov Sulsel terbitkan SK penetapan lokasi kereta api

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengaku tak ambil pusing soal penetapan lokasi (penlok) kereta api Makassar-Parepare segmen E di wilayahnya. Ia mengaku hanya fokus menginginkan agar rel kereta api di Makassar dibuat elevated atau melayang.

Danny menegaskan penunjukan lokasi hanya berkaitan dengan pembebasan lahan dan tidak berkaitan dengan desain rel kereta api. Menurutnya, tidak ada masalah dengan penetapan lokasi.

"Kami kan cuma masalahkan elevated-nya. Mau elevated mau at grade, tetap harus pembebasan lahan, tetap butuh penlok. Cuma kan kalau penlok itu ada kesesuaian tata ruang yang punya wilayah," kata Danny, Senin (8/8/2022).

1. Danny sebut rel darat akan akibatkan banjir

Danny Cuma Mau Rel Kereta di Makassar Melayang, Tak Urus soal LokasiWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, jika rel kereta api di Makassar dibuat at grade atau darat, maka akan menimbulkan dampak yang cukup parah ke depan. Makassar terancam dikepung banjir jika rel dipaksakan at grade, menurut Danny.

"Kalau nanti ada apa-apa, yang disalahkan lagi presiden, karena ini program nasional. Makassar ini saya tahu betul karakternya. Nanti terbawa-bawa lagi pimpinan negara, dibully lagi. Saya kan die hard-nya beliau, tapi saya bela juga rakyat saya," jelasnya.

2. Danny akan surati Kemenhub

Danny Cuma Mau Rel Kereta di Makassar Melayang, Tak Urus soal LokasiWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun sempat beberapa kali menyinggung konsep rel elevated di Palembang. Dia ngotot jika di Palembang bisa elevated maka seharusnya Makassar juga harus elevated. 

Dirinya pun akan terus mengupayakan agar konstruksi rel kereta di Makassar bisa berubah. Dalam waktu dekat, dia akan kembali bersurat ke Kementerian Perhubungan terkait hal ini.

"Saya konsultasi sama DPRD dulu, insyaallah suratnya segera kami buat," katanya.

Baca Juga: Pak Danny, BPKA Sulsel Pastikan Rel Kereta Api Makassar Tetap di Darat

3. Pemprov pastikan tetap jalur darat

Danny Cuma Mau Rel Kereta di Makassar Melayang, Tak Urus soal LokasiRel kereta api Makassar-Parepare di Kabupaten Barru. Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Pemprov Sulsel telah menetapkan lokasi untuk proyek kereta api Makassar-Parepare segmen E untuk Kabupaten Maros dan Makassar. Pemprov juga memastikan desain rel yang akan diwujudkan tetap rel darat atau at grade.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel, Iqbal Suhaeb, menyatakan bahwa rel at grade tidak akan menimbulkan banjir seperti yang dikhawatirkan Danny. Hal itu, kata Iqbal, juga telah dijawab oleh Badan Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel berdasarkan visibility study pada wilayah yang dilalui rel kereta api di wilayah Makassar.

“Hasilnya Q.50 tahun, itu tidak akan banjir. Itu sudah dianalisis dengan konsep debit hujan yang paling tinggi yang pernah ada di Makassar,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: SK Penetapan Lokasi Rel Kereta Api Makassar-Parepare Segmen E Terbit

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya