Danny Awali Kampanye di Pasar Sentral Minasa Maupa Sungguminsa

Danny dengarkan harapan dan keluhan pedagang

Makassar, IDN Times - Calon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 1, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto kini memulai kampanye perdananya ke daerah-daerah. Daerah pertama yang dikunjunginya yaitu Pasar Sentral Minasa Maupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Senin (30/9/2024) pagi.

Tiba di pasar tersebut, Danny disambut dengan teriakan warga. Setelah berkeliling dan berdiskusi dengan para pedagang, dia melihat Pasar Minasa Maupa sebagai pusat ekonomi di Sulsel, khususnya di Kabupaten Gowa.

"Pasar ini tentunya menjadi ukuran ekonomi Sulsel, bukan hanya ekonomi Kabupaten Gowa dan saya melihat ini tentunya menjadi pasar pusat, sayur-mayur, buah-buahan. Hasil bumilah. Inikan potensi sekali," kata Danny dalam siaran persnya.

Baca Juga: Danny Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Ulama dan Raja-Raja

1. Danny temukan harga jual pedagang masih rendah

Danny Awali Kampanye di Pasar Sentral Minasa Maupa SungguminsaCalon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto berkampanye di Pasar Sentral Minasa Maupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Senin (30/9/2024). (Dok. Istimewa)

Hanya saja, menurut Danny, harga jual pedagang di sini masih terbilang rendah. Seperti harga cabai yang hanya Rp17 ribu/kilogram. Padahal, harga cabai di pasar tradisional di Kota Makassar bisa mencapai Rp30 ribu/kilogramnya. 

"Seandainya ada mekanisme pasar yang sehat maka nilai tambahnya itu ada pada pedagang. Inilah yang harus saya belajar banyak untuk bagaimana keluhan pedagang. Mereka bilang menurun, kadang-kadang omsetnya Rp800 ribu turun menjadi Rp500 ribu," jelasnya.

Kondisi ini dikarenakan daya beli masyarakat yang menurun. Dirinya juga mengapresiasi dan terharu dengan sambutan luar biasa, bukan hanya dari pedagang tapi juga pembeli.

"Alhamdulillah, ini kan artinya mereka butuh sesuatu yang baru untuk mereka, butuh terobosan baru karena ini menyangkut hidup," katanya.

2. Pedagang harap Danny-Azhar harap bawa perubahan lebih baik untuk Kabupaten Gowa

Danny Awali Kampanye di Pasar Sentral Minasa Maupa SungguminsaCalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Azhar Arsyad resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Kamis (29/8/2024)/Istimewa

Kedatangan Danny diharapkan membawa perubahan untuk Kabupaten Gowa yang lebih baik ke depan, khususnya khususnya kesejahteraan para pedagang. Harapan itu disampaikan Muliati, salah satu pedagang Pasar Sentral Minasa Maupa.

Muliati bercerita akhir-akhir ini pendapatannya mengalami penurunan, dari yang biasanya Rp800 ribu turun menjadi Rp500 ribu. Daya beli alami penurunan.

"Saya sebagai penjual kadang bisa dapat Rp800 ribu kadang juga tidak. Jadi initinya bagaimana perekonomian kita itu bisa terus membaik," kata Muliati.

Dia pun mengaku tidak ragu-ragu menjatuhkan pilihannya pada pasangan Danny Pomanto dan Calon Wakil Gubernur Azhar Arsyad (DIA) di Pemilihan Gubernur Sulsel 2024.

"Kita akan pilih beliau (Danny Pomanto) kalau memang bisa membawa perubahan untuk kita," ucapnya.

3. Gowa masuk dalam sepuluh kawasan yang akan dibangun paslon DIA

Danny Awali Kampanye di Pasar Sentral Minasa Maupa SungguminsaPasangan calon gubernur Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto dan Azhar Arsyad mengumumkan tagline 'DIA Save Sulsel' pada Minggu (4/8/2024). (Dok.Istimewa)

Dengan bekal yang sudah dia miliki membantu pertumbuhan ekonomi Kota Makassar selama dua periode memimpin, Danny siap membangun Gowa jadi lebih baik. Apalagi sektor perkebunan Kabupaten Gowa memiliki potensi yang cukup besar, sehingga bisa menyanggah bagi kebutuhan komoditas perkebunan di Sulsel.

Kabupaten Gowa masuk dalam kawasan Sabuk Gunung Lompobattang-Bawakaraeang dari sepuluh kawasan yang akan dibangun pasangan DIA secara merata dan berkeadilan. Danny pun siap mencatat apa yang menjadi keluhan dan harapan para pedagang. 

"Kita catat semua apa yang menjadi keluhan pedagang," kata Danny.

Baca Juga: Ini Tim Pemenangan Danny-Azhar di Pilgub Sulsel, Ada Dua Eks Rektor

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya