Cek Pelayanan, Menkes Kunjungi Tiga Rumah Sakit di Makassar

Budi Gunadi ingin memastikan pelayanan berkualitas

Makassar, IDN Times - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengunjungi tiga rumah sakit di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/1/2024). Yaitu RSUD Labuang Baji, Rumah Sakit Mata Makassar dan Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid.

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan rumah sakit-rumah sakit tersebut memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Dalam kunjungan itu, Budi didampingi oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Hadir juga Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

Mereka melihat langsung fasilitas-fasilitas yang ada di dalam rumah sakit tersebut. Di antaranya ruang perawatan pasien, ruang operasi, serta fasilitas penunjang lainnya seperti laboratorium dan apotek. 

Selain itu, mereka juga berdiskusi dengan para tenaga medis dan staf rumah sakit untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh masing-masing rumah sakit. 

Baca Juga: Anak-anak Pengungsi Banjir di Makassar Dapat Trauma Healing 

1. Menkes cek penggunaan alat medis

Cek Pelayanan, Menkes Kunjungi Tiga Rumah Sakit di MakassarMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengunjungi RSUD Labuang Baji di Makassar, Sabtu (20/1/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Rumah sakit pertama yang dikunjungi yaitu RSUD Labuang Baji yang berlokasi di Jalan DR. Ratulangi Nomor 81, Kecamatan Mamajang. Di sana, Menkes melihat layanan Hemodiliasis, Mammografi, CT-Scan, Direct Radiografi, MRI dan berbagai ruang poli dan klinik urologi.

Budi mengatakan Kementerian Kesehatan telah memberikan bantuan alat untuk penyakit-penyakit kritis seperti stroke, jantung dan ginjal. Kunjungan ini untuk memastikan bantuan alat medis kesehatan yang diberikan Kemenkes digunakan dengan efektif dan efisien. 

"Alhamdulillah alatnya sudah dipakai. Ada beberapa yang memerlukan bantuan perizinan kita bantu dan ada memang beberapa dokternya belum ada," jelasnya.

2. Menkes minta dokter diisi putra dan putri daerah

Cek Pelayanan, Menkes Kunjungi Tiga Rumah Sakit di MakassarMenkes Budi Gunadi Sadikin dalam konpers kesiapsiagaan sektor kesehatan menghadapi libur Nataru. (youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Untuk kebutuhan dokter, Budi mengaku kekurangan yang ada akan dipenuhi. Namun, dia mengharapkan dokter yang merupakan putra dan putri daerah. 

Pertimbangannya, agar mereka tidak meminta pulang ke kampung halaman saat bekerja. Demikian juga dengan beasiswa diberikan Kementerian Kesehatan.

"Kalau bisa putra daerah, supaya kalau mereka kerja, tidak berpikir lagi untuk pulang ke daerah asalnya," sebutnya.

Budi menilai rumah sakit yang berada di bawah naungan Pemprov Sulsel ini cukup bersih. Peralatan medisnya juga tergolong lengkap. 

"Rumah sakit ini bersih, sudah kita kasih alatnya banyak, kita doakan dokternya lebih lengkap," ujarnya.

3. Pj Gubernur Sulsel akui dapat masukan dari Menkes

Cek Pelayanan, Menkes Kunjungi Tiga Rumah Sakit di MakassarPj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Kemudian Budi melanjutkan kunjungan ke Rumah Sakit Mata Makassar dan Rumah Sakit Dr Tajuddin Chalid. Dua rumah sakit ini berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

Rumah Sakit Mata Makassar berlokasi di jalan lingkar Barat Tallasa City. Di sini, Menkes bersama rombongan meninjau IGD, Poli Eksekutif, ICU dan Ruang Recovery serta ruang kamar operasi. 

Kemudian di Rumah Sakit Dr Tajuddin Chalid yang berlokasi di Jalan Paccerakkang No.67, Kecamatan Biringkanaya, Menkes mengecek gedung poliklinik, ruang farmasi, radiologi, rehabilitasi center, ruang rawat inap dan poliklinik haji.

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengaku mendapatkan banyak masukan berharga dari Menteri Kesehatan. Hal ini penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di Sulsel.

"Kunjungan bersama Bapak Menteri ini, memberikan masukan berharga dalam merencanakan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di Sulsel," kata Bahtiar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diharap Hadir Resmikan Tol Makassar New Port 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya