Comscore Tracker

Cegah Penyusup, Panitia Periksa Ketat Peserta Musda Golkar Sulsel

Panitia musda perketat protokol kesehatan

Makassar, IDN Times - Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) X DPD I Partai Golkar Sulsel mulai dilaksanakan hari ini, Kamis (6/8/2020), di The Hotel Sultan and Residence, Jakarta pusat. Panitia pun memperketat protokol kesehatan. 

Hal itu juga diterapkan melalui pengetatan proses registrasi kepesertaan sebelum pembukaan acara. Ketatnya proses registrasi ini sudah dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga malam. Satu per satu peserta maupun para pemilik hak suara atau voters melakukan registrasi secara langsung di lokasi.

"Jadi seluruh peserta musda maupun voters harus mendaftar secara langsung dan tidak boleh diwakili oleh siapa pun sebelum pembukaan dimulai," kata Ketua Panitia Musda ke X Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai melalui keterangan persnya.

1. Pengetatan dilakukan untuk mencegah pihak lain masuk

Cegah Penyusup, Panitia Periksa Ketat Peserta Musda Golkar SulselProses registrasi peserta Musda X DPD Golkar Sulsel di The Hotel Sultan and Residence, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2020). Golkar Sulsel

Selain mendaftar secara langsung, kata Risman, para peserta juga tetap memperlihatkan KTP dan mandat untuk mencocokan nama yang terdaftar. 

"Jadi di ID Card masing-masing tidak hanya namanya yang dicantumkan tetapi foto copy KTP-nya juga tertera dibelakang ID Card," katanya.

Risman menyebutkan salah satu alasan proses registrasi kepesertaan diperketat untuk menghindari adanya pihak yang leluasa masuk dalam ruang utama musda. 

"Jadi musda kali ini sangat berbeda dengan musda-musda sebelumnya yang pernah dijalankan. Apalagi sejak awal memang kita membatasi orang masuk arena musda demi mematuhi protokol kesehatan di masa pandemik ini," jelasnya.

2. Dihadiri petinggi Partai Golkar

Cegah Penyusup, Panitia Periksa Ketat Peserta Musda Golkar SulselKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Pembukaan musda ini dihadiri sejumlah ketua dan sekretaris DPD II termasuk para pemilik hak suara seperti Ketua Golkar Bone Andi Fashar Padjalangi, Ketua Golkar Bulukumba Hamzah Pangki, dan sejumlah peserta lainnya.

Sebagai informasi, Musda X DPD I Golkar Sulsel kali ini dibuka langsung Wakil Ketua Umum DPP Golkar Roem Kono sebagai pihak yang dimandatkan oleh Ketum dan Sekretaris, Airlangga Hartarto dan Lodewijk F Paulus.

Selain Roem Kono, politisi senior Partai Golkar ini turut didampingi sejumlah elite DPP untuk menghadiri Musda Golkar Sulsel. Mereka adalah Wakil Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Sulawesi Muhidin M Said, Ketua Bidang DPP Erwin Aksa, John Kenedy Azis (Wabandum DPP), Syafaat Perdana (Unsur Pemuda/AMPG), Deny Yusuf (Departemen Bidang Organisasi), dan M Sattu Pali (Departemen Bidang Hukum). 

Baca Juga: Rekomendasi DPP Disebut Tak Berpengaruh di Musda Golkar Sulsel

3. Diikuti 4 calon

Cegah Penyusup, Panitia Periksa Ketat Peserta Musda Golkar SulselDok. Supriansa

Untuk diketahui, perebutan kursi pucuk pimpinan Ketua DPD I Golkar Sulsel periode 2020 - 2025 diikuti 4 orang calon. Mereka adalah Taufan Pawe, Hamka B Lady, Supriansa, dan Syamsuddin Hamid. 

Keempat calon ini sebelumnya termasuk 9 orang bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran. Mereka pun kini bertarung memperebutkan singgasana Ketua DPD I Golkar Sulsel yang saat ini diduduki Nurdin Halid. 

Baca Juga: Musda Golkar Sulsel Dipastikan Digelar di Jakarta 6 Agustus 2020

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya