Buka Puasa Bersama di Pantai Losari Makassar Catatkan Rekor MURI

Jadi buka puasa terpanjang

Intinya Sih...

  • Kerajaan Saudi Arabia bekerja sama Pemerintah Kota Makassar dan Yayasan I-Salam menggelar buka puasa bersama di Anjungan Pantai Losari, mencatatkan rekor MURI.
  • Buka puasa bersama ini digelar sepanjang 2.145 meter atau 2,1 km dengan ribuan masyarakat Makassar turut hadir dan meramaikan acara tersebut.
  • Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kerajaan Arab Saudi lantaran memilih Kota Makassar sebagai kota ketiga penyelenggaraan buka puasa terpanjang.

Makassar, IDN Times - Kerajaan Saudi Arabia bekerja sama Pemerintah Kota Makassar dan Yayasan I-Salam menggelar buka puasa bersama di Anjungan Pantai Losari, Rabu (13/3/2024). Kegiatan ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Buka puasa bersama ini mencatatkan rekor MURI karena digelar sepanjang 2.145 meter atau 2,1 km. Belasan ribu masyarakat Makassar turut hadir dan meramaikan Anjungan Pantai Losari. 

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kerajaan Arab Saudi lantaran memilih Kota Makassar sebagai kota ketiga penyelenggaraan buka puasa bersama.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dipilihnya Kota Makassar untuk kegiatan buka puasa terpanjang ini," kata Danny pada sela-sela acara di Anjungan Pantai Losari, Rabu, (13/03/2024).

1. Selaras dengan program Pemkot Makassar

Buka Puasa Bersama di Pantai Losari Makassar Catatkan Rekor MURIWali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Kamis (22/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Menurut Danny kegiatan buka puasa bersama ini selaras dengan program Perkuatan Keimanan Umat juga dengan Program Tahfiz Al-Qur'an bagi anak-anak lorong di Makassar. Tahun ini, ada 200 anak yang ikut program tersebut.

Danny juga menyampaikan kepada Kepala Atase Agama dan Pendidikan Kedutaan Besar Arab Saudi, Syaikh Ahmad Al-Hazimi, bahwa Makassar begitu antusias dalam dakwah keagamaan. Salah satunya penyelenggaraan salat subuh berjemaah tiap bulan dan tiap pekan pada bulan Ramadhan.

"Dengan program Perkuatan Keimanan Umat ini, warga Makassar pun makin kompak dan bersemangat mempelajari Alquran," kata Danny.

2. Makassar jadi kota ketiga

Buka Puasa Bersama di Pantai Losari Makassar Catatkan Rekor MURIBuka puasa bersama sepanjang 2,1 km di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (13/3/2024). Dok. Humas Pemkot Makassar

Ketua Panitia Buka Puasa Terpanjang Riswan Ilyas mengatakan kegiatan ini merupakan tahun ketiga pihak Kerajaan Saudi Arabia. Pada tahun pertama, kegiatan ini digelar di Masjid Istiqlal Jakarta. 

Kemudian pada tahun kedua, kegiatan ini mengambil lokasi di Kota Padang, Sumatra Barat. Lalu Makassar menjadi kota ketiga.

"Kegiatan ini menunjukkan eratnya persahabatan antara Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dengan Kerajaan Saudi Arabia sebagai negara islam terbesar penjaga dua kota suci Mekkah dan Madina," katanya.

3. Membuka peluang kerja sama

Buka Puasa Bersama di Pantai Losari Makassar Catatkan Rekor MURIWali Kota Makassar, Danny Pomanto menerima kunjungan Kepala Atase Agama dan Pendidikan Kedutaan Besar Arab Saudi, Syaikh Ahmad Al-Hazimi

Lebih lanjut Riswan mengatakan, kegiatan ini juga membuka peluang kerja sama baru antara kedua belah pihak di berbagai bidang khususnya untuk maslahat umat Islam. 

"Kita berharap kegiatan ini mengangkat Provinsi Sulsel umumnya dan Kota Makassar di mata Internasional khususnya negara-negara Islam dunia sebagai salah satu kota metropolitan di kawasan timur Indonesia," kata Riswan.

Baca Juga: Buka Puasa Raja Salman di Pantai Losari Makassar Target Rekor MURI

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya