Bioskop di Makassar Kembali Buka, Ini Syarat dan Aturan bagi Penonton

Boleh masuk jika hasil scan warna hijau

Makassar, IDN Times - Bioskop di Makassar, Sulawesi Selatan, mulai dibuka kembali, salah satunya Cinepolis di Mall Phinisi Point yang beroperasi lagi, Kamis (16/9/2021), dengan sejumlah aturan baru, termasuk penonton wajib menunjukkan aplikasi PeduliLindungi. 

Head Brand Marketing Cinepolis Cinemas, Indriana Listia Rahmawati, mengatakan syarat dan aturan untuk menonton di bioskop saat ini hanya mengikuti ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

"Syaratnya kita mengikuti ketentuan dari Kemenkes yaitu harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, dari aplikasi tersebut, scan dulu sebelum ke area Cinepolis. Apabila statusnya hijau maka bisa diizinkan masuk," kata Indri saat dihubungi IDN Times melalui telepon, Kamis (16/9/2021).

1. Penonton maupun karyawan wajib menerapkan 5 M

Bioskop di Makassar Kembali Buka, Ini Syarat dan Aturan bagi PenontonBioskop Cinepolis di Mall Phinisi Point Makassar kembali dibuka, Kamis (16/9/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Indri menjelaskan pihaknya telah menerapkan sejumlah protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19 di dalam area bioskop. Di antaranya adalah protokol kesehatan 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Kita tetap menerapkan protokol kesehatan sebelumnya, seperti pembatasan jumlah kursi bioskop yang maksimal 50 persen. Kemudian ada saat ini sih masih ada larangan untuk makan dan minum di dalam bioskop," kata Indri.

Indri juga memastikan penonton tak perlu khawatir. Sebab semua karyawan Cinepolis telah divaksinasi dua dosis. Selain itu, bioskop untuk sementara ini tidak melayani pembelian tiket secara tunai.

"Pembelian tiket kami sarankan melalui web dan aplikasi Cinepolis karena kita memang menghindari transaksi tunai. Jadi kita memang sangat merekomendasikan untuk menggunakan (pembayaran) non tunai," katanya.

2. Penonton akui tak permasalahkan aplikasi PeduliLindungi

Bioskop di Makassar Kembali Buka, Ini Syarat dan Aturan bagi PenontonBioskop Cinepolis di Mall Phinisi Point Makassar kembali dibuka, Kamis (16/9/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Salah satu penonton, Shasa (24) mengaku tak masalah dangan peraturan baru yang diterapkan di bioskop. Bioskop kembali beroperasi saja, dia sudah senang. 

Soal syarat yang mengharuskan penonton menggunakan aplikasi PeduliLindungi, bagi Shasa itu bukan masalah. Karena menurutnya, sebagian besar penonton bioskop merupakan kalangan anak muda yang lebih melek teknologi.

"Jadi tidak mungkin bahwa mereka susah untuk gunakan aplikasi PeduliLindungi. Pakai aplikasi itu tidak masalah. Mungkin bermasalah bagi orang-orang yang belum vaksin dan segala macamnya," kata Shasa.

3. Tak semua penonton lolos saat scan barcode

Bioskop di Makassar Kembali Buka, Ini Syarat dan Aturan bagi PenontonSeorang pengunjung sedang men-scan barcode aplikasi PeduliLindungi saat hendak masuk di bioskop Cinepolis di Mall Phinisi Point Makassar kembali dibuka, Kamis (16/9/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, penonton lainnya yaitu Darma (23), mengaku kecewa karena belum bisa masuk ke bioskop. Sebenarnya dia sudah menginstal aplikasi PeduliLindungi di ponselnya namun saat men-scan barcode, aplikasinya menunjukkan warna merah.

Warna merah itu berarti orang yang bersangkutan belum divaksinasi. Darma memang belum divaksinasi karena pernah positif terpapar COVID-19 sehingga masih harus menunggu untuk divaksinasi.

"Pasti sedih karena mau sekali nonton. Saya tunggu sekali bioskop buka tapi ternyata tidak bisa. Padahal bersyukur bisa masuk mal tapi ternyata harus berhenti di depan bioskop, kan sedih karena lihat orang pergi nonton tapi saya tidak," kata Darma.

Baca Juga: Ingat! Penonton Bioskop di Makassar Dilarang Makan dan Minum

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya