Comscore Tracker

Berkutat di Pendataan, Pemkot Makassar Tak Kunjung Bagikan Bansos PPKM

Pemkot Makassar klaim masih di tahap validasi data

Makassar, IDN Times - Bantuan sosial berupa paket kebutuhan pokok di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, belum dibagikan kepada keluarga terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Level 4. Padahal PPKM sudah memasuki pekan kedua.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Rusmayani Madjid, menyebut pihaknya baru selesai memvalidasi data penerima paket bansos. Saat ini, Dinsos sementara memproses pengadaan barang untuk bansos.

"Belum (rampung). Baru validasi datanya sudah selesai. Data yang masuk kurang lebih 71 ribu. Dari kecamatan, kelurahan itu sudah ada 63 ribu sekian yang sudah tervalidasi," kata Maya, sapaannya, Minggu (8/8/2021).

1. Pemkot siapkan 100 ribu paket bansos untuk PPKM Level 4

Berkutat di Pendataan, Pemkot Makassar Tak Kunjung Bagikan Bansos PPKMIlustrasi bantuan sosial. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Sejak penerapan PPKM Level 4 pekan pertama yaitu 26 Juli - 2 Agustus 2021, Pemkot Makassar menyampaikan akan menyalurkan 100.000 paket sembako yang akan didistribusikan pada warga yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung. 

Maya menyebutkan satu paket berisi 10 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram gula pasir, dan 15 bungkus mi instan. 

2. Dinsos ingin berhati-hati terkait data dan pengadaan barang

Berkutat di Pendataan, Pemkot Makassar Tak Kunjung Bagikan Bansos PPKMilustrasi bantuan sembako di tengah wabah COVID-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Maya menjelaskan paket belum dibagikan karena pihaknya sangat berhati-hati menyangkut data. Mereka tidak ingin penerima bansos tumpang tindih karena telah menerima bantuan PKH dan sebagainya. 

Salah satu persyaratan penerima bantuan ini adalah bukan penerima bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), ataupun Bantuan Sosial Tunai (BST). Itulah sebabnya Dinsos harus memvalidasi. 

"Kita harus (menjaga) kehati-hatian dalam rangka pengadaan barangnya. Kalau penyedianya sudah ada, barangnya langsung disalurkan. Langsung didistribusikan," katanya.

Baca Juga: Kasus Bansos COVID-19 Makassar Belum Tuntas, Gimana Nih Polda Sulsel?

3. Hanya 63.000 yang dianggap penerima bersih

Berkutat di Pendataan, Pemkot Makassar Tak Kunjung Bagikan Bansos PPKMilustrasi pamberian paket sembako (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Maya menyebutkan, dari 74.573 data penerima bansos yang masuk, hanya 63.268 orang di Makassar yang dianggap sebagai penerima bersih. Selebihnya dikembalikan ke kecamatan untuk diperbaiki.

Mereka yang dianggap bukan penerima bersih pada bansos ini karena sudah pernah mendapat bantuan. Ada juga yang nomor NIK-nya salah sehingga diminta untuk memperbaiki kembali.

"Jadi yang betul-betul memperoleh bantuan itu kurang lebih 63.000-an," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Siapkan 100 Ribu Bansos selama PPKM Level 4

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya