Bendera Palestina Bertebaran di Perayaan HUT ke-416 Kota Makassar

Simbol solidaritas dan dukungan untuk masyarakat Palestina

Makassar, IDN Times - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-416 Kota Makassar berlangsung meriah dengan serangkaian karnaval budaya. Puncak karnaval  berlangsung di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Kamis malam (2/11/2023).

Namun ada yang berbeda pada perayaan HUT Makassar tahun ini. Yakni adanya bendera Palestina berbentuk mini yang ditaruh di masing-masing kursi tamu undangan.

Pantauan IDN Times, para tamu mulai mengangkat bendera-bendera itu saat Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyampaikan rasa solidaritas untuk masyarakat Palestina. Rasa solidaritas itu disampaikan dalam sambutannya.

"Malam ini, izinkan kami menyampaikan solidaritas dan simpati kami kepada rakyat Palestina yang kita cintai, kata Danny.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Resmi Pamit Mundur sebagai Wakil Wali Kota Makassar

1. Simbol solidaritas dan dukungan kepada warga Palestina

Bendera Palestina Bertebaran di Perayaan HUT ke-416 Kota MakassarBendera Palestina bertebaran pada seremoni HUT ke-416 Kota Makassar, Kamis malam (2/11/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Kehadiran bendera ini menjadi simbol solidaritas dan dukungan dari pemerintah maupun masyarakat Kota Makassar untuk Palestina yang sedang menghadapi tantangan yang berat. Pasalnya sampai saat ini, Israel masih terus melancarkan serangan ke Gaza, Palestina.

Danny mengaku sangat sedih melihat peristiwa di Palestina saat ini. Karena itu, dia hendak mewakili 1,5 juta masyarakat Kota Makassar dengan kultur yang penuh empati untuk membela Palestina.

"Tidak perlu kita menjadi orang berpendidikan tinggi, cukup hanya dengan kebersihan hati. Tidak perlu harus kita menjadi muslim yang hakiki, cukup hanya menjadi manusia sejati," katanya.

2. Danny ajak warga Makassar berdonasi

Bendera Palestina Bertebaran di Perayaan HUT ke-416 Kota MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (tengah). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny juga mengajak masyarakat Kota Makassar untuk membantu warga Palestina melalui donasi. Soal ini, Pemkot yang akan mengorganisirnya.

"Kepada semua saudara saudari, mari perjuangkan Palestina dengan donasi, insyaallah Pemkot akan mengkoordinasi dimulai dari celengan masjid selama dua kali," kata Danny. 

3. Danny bacakan puisi sebagai dukungan untuk warga Gaza

Bendera Palestina Bertebaran di Perayaan HUT ke-416 Kota MakassarBendera Palestina bertebaran pada seremoni HUT ke-416 Kota Makassar, Kamis malam (2/11/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Danny juga sempat membacakan sebuah puisi berisi dukungan kepada warga Palestina, khususnya Gaza. Berikut ini merupakan puisi yang dibacakan Danny:

Hai penjajah Palestina, negeri para jahiri, engkau telah mematikan generasi tapi engkau tidak mampu mematikan para pemberani. Engkau dengan mudah memutarbalikkan bukti tapi engkau tidak mampu mendiamkan fakta dan saksi. 

Engkau dengan mudah merobohkan bangunan-bangunan tinggi tapi engkau tidak mampu merobohkan kokohnya hati. Engkau dengan mudahnya meratakan Gaza dengan amunisi tapi engkau tidak mampu meratakan semangat para pasukan berani mati. 

Engkau bertempur untuk materi, Palestina bertempur demi ilahi. Engkau mampu menciptakan semua teknologi tapi engkau tidak mampu menciptakan keberanian sejati karena keberanian sejati hanya milik Gaza, negeri para nabi.

Baca Juga: HUT ke-416 Kota Makassar: Sejarah, Tema, dan Rangkaian Acara

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya