Bahtiar Minta Danny Bangun Akses Jalan untuk Stadion di Sudiang

Bahtiar Minta Danny Bangun Akses Jalan untuk Stadion di Sudi

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, rupanya telah meminta Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto untuk membangun akses jalan menuju stadion yang akan dibagun di Sudiang. Hal itu disampaikannya di sela rakorsus 'Low Carbon City' di Hotel Four Points, Makassar, Senin (26/2/2024).

Bahtiar menyampaikan pembangunan stadion akan menggunakan pembiayaan APBN sementara Pemprov Sulsel menyiapkan lahan di Sudiang. Karena pembangunan akses jalan belum ada, maka dia meminta Pemkot yang membuatnya karena berada di wilayahnya.

"Beliau yang bangun jalannya. Makanya saya sangat berterima kasih sama Wali Kota Makassar. Belum saya minta dia sudah kerjakan. Saya kita terima kasih," kata Bahtiar.

1. Pastikan Sudiang aman sebagai lokasi stadion

Bahtiar Minta Danny Bangun Akses Jalan untuk Stadion di SudiangPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan Wali Kota Makassar, Danny Pomant, Senin (26/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Bahtiar telah bersurat ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PSSI, agar Kota Makassar dibuatkan stadion. Belakangan, Presiden Jokowi pun menyatakan akan membangun stadion baru yang berlokasi di Sudiang.

Bahtiar mengaku telah tiga kali meninjau lokasi tersebut. Menurutnya, lokasi itu cukup kondusif dan cukup jauh dari bandara. Dia memastikan bahwa lokasi stadion itu tidak seperti yang dikhawatirkan.

"Saya bersama-sama teman melihat secara nyatanya. Saya bisa men-challenge bahwa Sudiang itu insyaallah aman pembangunan stadion," kata Bahtiar.

2. Danny siap buat akses jalan yang memadai

Bahtiar Minta Danny Bangun Akses Jalan untuk Stadion di SudiangWali Kota Makassar, Danny Pomanto, dalam rapat koordinasi khusus (rakorsus) bertajuk 'Low Carbon City dengan Metaverse' di Hotel Four Points Makassar, Senin (26/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Menurut Danny, pembangunan stadion ini bukan sekedar membangun melainkan bagaimana memecahkan sistem lalu lintas di sana yang kerap macet. Untuk itu, perlu dibuatkan infrastruktur jalan yang memadai untuk mendukung kapasitas penonton.

Ada beberapa simpul kemacetan yang perlu diselesaikan. Salah satu lokasinya yaitu wilayah yang akan dibanguni stadion.

"Jadi bukan hanya bangun stadion, kita hijaukan juga kota, buat infrastruktur yang memang kapasitasnya jauh ke depan, dan memecahkan persoalan lalu lintas," kata Danny.

Baca Juga: Jokowi Janji Bangun Stadion Megah di Sulsel, Lokasinya di Sudiang

3. Danny akan hitung anggaran untuk jalan akses stadion

Bahtiar Minta Danny Bangun Akses Jalan untuk Stadion di SudiangWali Kota Makassar Danny Pomanto. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Untuk membangun akses jalan itu, Danny mengaku akan mengalihkan anggaran APBD Perubahan untuk fokus infrastruktur stadion dan transportasi.

Soal anggaran, Danny baru akan hitung-hitungan. Belum ada kepastian jumlah anggaran yang disiapkan untuk pembangunan akses jalan ke stadion.

"Kalau anggaran saya coba hitung-hitung di Kota Makassar sekitar Rp200 miliar, kira-kira kita siapkan untuk menyelesaikan itu," kata Danny.

Baca Juga: Bahtiar: Impian Masyarakat Sulsel Miliki Stadion Segera Terwujud

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya