Asrama Haji Makassar Siap Sambut Jemaah dari 8 Provinsi

Asrama Haji Makassar bisa menampung 1.300 jemaah

Intinya Sih...

  • Asrama Haji Embarkasi Makassar menyiapkan diri menyambut jemaah calon haji tahun 1445 H/2024 M.
  • Jemaah calon haji akan menginap di Asrama Haji untuk pemeriksaan kesehatan dan pengecekan dokumen sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.
  • Asrama Haji memiliki daya tampung hingga 1.300 orang dan akan melayani jemaah calon haji dari 8 provinsi sebelum diterbangkan ke Saudi.

Makassar, IDN Times - Menjelang penyelenggaraan Ibadah haji tahun 1445 H/2024 M, Asrama Haji Embarkasi Makassar mulai berbenah. Berbagai persiapan dirampungkan untuk menyambut kedatangan jemaah calon haji sebelum bertolak ke Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail, mengatakan panitia pelaksanaan ibadah haji telah dilantik hari ini,Senin (22/4/2024). Setelah pelantikan, pihaknya menggelar rapat dengan instansi yang masuk kepanitiaan.

"Alhamdulillah semuanya sudah pada siap untuk menyambut operasional haji tahun 2024," kata Ikbal kepada IDN Times.

1. Persiapan capai 95 persen

Asrama Haji Makassar Siap Sambut Jemaah dari 8 ProvinsiPelantikan Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar. (Dok. Kemenag Sulsel)

Sebelum keberangkatan ke Tanah Suci, jemaah calon haji terlebih dahulu akan menginap di Asrama Haji Embarkasi Makassar. Di sini, jemaaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan, bimbingan manasik akhir, dan pengecekan dokumen lainnya.

"Terkait dengan asrama haji itu sudah 95 persen persiapannya," kata Ikbal.

Dia mengatakan tidak ada perubahan drastis pada asrama tahun ini. Fasilitasnya juga masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kami hanya menambah fasilitas WC umum untuk pengunjung," kata Ikbal.

2. Bisa menampung 1.300 jemaah

Asrama Haji Makassar Siap Sambut Jemaah dari 8 ProvinsiIlustrasi calon jemaah haji melakukan pelunasan Bipih 2024. (Dok. Kanwil Kemenag).

Pihak Asrama Haji akan bertugas melayani para tamu Allah sejak memasuki embarkasi. Kloter 1 embarkasi Makassar akan masuk Asrama Haji pada 11 Mei 2024 mendatang.

"Di tanggal 11 itu kami sudah menerima kloter 1 yang dari Makassar sebanyak 450 jemaah," kata Ikbal.

Asrama Haji Embarkasi Makassar mempunyai daya tampung hingga 1.300 orang. Nantinya, ada 37 kloter yang akan datang ke Asrama Haji.

Baca Juga: Besok Sore, Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji Sudiang

3. Melayani jemaah calon haji dari 8 provinsi

Asrama Haji Makassar Siap Sambut Jemaah dari 8 ProvinsiKa'bah di Makkah, Arab Saudi (pixabay.com/konevi)

Ikbal menyebutkan 16.640 calon jemaah haji yang akan berangkat melalui embarkasi Makassar. Embarkasi Makassar akan melayani jemaah calon haji dari 8 provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

"Nanti jemaah haji tiap kloternya 1x24 jam transit dulu di Asrama Haji Makassar sebelum diterbangkan ke Saudi," kata Ikbal.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Asrama Sudiang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya