Andi Sudirman Sulaiman Resmi Dilantik Jadi Gubernur Sulawesi Selatan

Sudirman dilantik tanpa wakil

Makassar, IDN Times - Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Andi Sudirman Sulaiman menjadi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) di Istana Negara, Kamis (10/3/2022). Sudirman resmi menjadi gubernur definitif usai menjabat pelaksana tugas selama lebih dari setahun terakhir.

Pelantikan Andi Sudirman dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Acara pelantikan ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi lalu mengucapkan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Sudirman. Pelantikan berlangsung secara khidmat.

 "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Sudirman mengikuti mengikuti ucapan Jokowi.

1. Pelantikan berlangsung dengan protokol kesehatan

Andi Sudirman Sulaiman Resmi Dilantik Jadi Gubernur Sulawesi SelatanPresiden RI Joko Widodo melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan di Istana Negara, Kamis (10/3/2022). YouTube Sekretariat Negara

Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan. Semua tamu undangan yang hadir tampak memakai masker. Jumlah tamu undangan juga dibatasi untuk mencegah kerumunan dan tamu tetap bisa menjaga jarak.

Pelantikan tersebut tampak dihadiri pula oleh Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin. Tampak pula sejumlah menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Sementara pihak yang mendampingi Andi Sudirman yakni Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, serta istri Andi Sudirman yakni Naoemi Octarina.

2. Dilantik tanpa wakil gubernur

Andi Sudirman Sulaiman Resmi Dilantik Jadi Gubernur Sulawesi SelatanAndi Sudirman Sulaiman saat dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Selatan di Istana Negara, Kamis (10/3/2022). YouTube Sekretariat Negara

Andi Sudirman Sulaiman ditunjuk sebagai Plt Gubernur Sulsel pada 28 Februari 2021 karena menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi. Pasangan tersebut dilantik Presiden RI Joko Widodo di Jakarta pada 5 September 2018 silam.

Saat ini dia dilantik sebagai Gubernur Sulsel dengan sisa masa jabatan tahun 2018-2023. Masa jabatan Andi Sudirman akan berakhir pada 5 September 2023. 

Di sisa masa jabatannya, Sudirman akan memimpin pemerintahan Sulsel tanpa didampingi seorang wakil gubernur. Pasalnya, dia dilantik di saat masa jabatannya tersisa genap 18 bulan.

Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, pengisian kekosongan jabatan wakil gubernur hanya dimungkinkan jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan. 

3. Sudirman pede meski tanpa wakil

Andi Sudirman Sulaiman Resmi Dilantik Jadi Gubernur Sulawesi SelatanAndi Sudirman Sulaiman saat dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Selatan di Istana Negara, Kamis (10/3/2022). YouTube Sekretariat Negara

Sebelumnya Sudirman mengaku tak mempersoalkan jika sisa masa pemerintahannya berjalan tanpa wakil. Dia hanya menuruti keputusan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Ini kan masalah amanah pekerjaan dari rakyat dan juga ditetapkan oleh pemerintah pusat, mereka punya hak prerogatif untuk menetapkan waktu itu," kata Sudirman usai mengahdiri Mubes IKA Unhas di Hotel Four Points Makassar, Jumat (4/3/2022).

Meski tanpa wakil, Sudirman memastikan akan menjalankan tugasnya apapun keputusan pemerintah pusat. Menurutnya bukan masalah jika harus menahkodai pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan tanpa didampingi seorang wakil.

"Kalau memang sudah harus menjalankan seperti itu kan, kita masih ada sekda ada asisten. Kita saling bersatu sama-sama membantu, kita saja sama DPRD sama-sama bekerja," kata Sudirman.

Baca Juga: Andi Sudirman Sulaiman Dilantik jadi Gubernur Sulsel Kamis Besok

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya