Ada Prabowo di Jalan Sehat Sulsel, Sudirman Klaim Tak Terkait Politik

Jalan sehat dihadiri Prabowo Subianto

Makassar, IDN Times - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, menjadi tamu istimewa pada kegiatan jalan sehat Anti Mager (malas gerak di Makassar, Minggu (6/8/2023). Jalan sehat ini merupakan rangkaian HUT- 354 tahun Sulawesi Selatan (Sulsel) sekaligus 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pelaksanaan jalan sehat dipusatkan di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman. Prabowo datang ke lokasi pelepasan peserta jalan santai dengan memakai baju kaos putih berkerah yang bertuliskan 'Anti Mager'. Prabowo didampingi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dan Ketua IKA Universitas Hasanuddin Andi Amran Sulaiman. 

Kehadiran Prabowo dalam jalan sehat itu mendapatkan perhatian banyak dari peserta jalan sehat. Sekedar informasi, Prabowo menjadi salah satu figur yang masuk dalam bursa capres untuk Pilpres 2024.

1. Prabowo datang sebagai Menteri Pertahanan

Ada Prabowo di Jalan Sehat Sulsel, Sudirman Klaim Tak Terkait PolitikMenteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (tengah) bersama Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kiri) di sela kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Saat diwawancarai oleh wartawan, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku kehadiran Prabowo di kegiatan jalan sehat itu hanya sebagai Menteri Pertahanan RI. Hal ini juga bukan berarti untuk menunjukkan arah dukungan politiknya. 

"Menteri Pertahanan Ri. Saya sebagai gubernur dan beliau sebagai Menteri Pertahanan, wajar dong kalau datang," kata Sudirman.

Dia mengatakan bahwa sebenarnya ada beberapa tokoh nasional lain yang juga diundang oleh penyelenggara. Namun hanya Prabowo yang sempat datang.

"Kita ini menghadapi HUT ke-356 dan hari jadi Indonesia. Satu-satu kita fokus. Ada beberapa diundang lain cuma Pak prabowo datang. Kita harus sangat welcome kepada siapa saja," kata Sudirman.

2. Sudirman tegaskan tidak terkait politik

Ada Prabowo di Jalan Sehat Sulsel, Sudirman Klaim Tak Terkait PolitikGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di sela kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Meski dihadiri Prabowo, Sudirman juga menegaskan kegiatan jalan sehat ini tidak berkaitan dengan agenda politik apapun termasuk soal Pilpres 2024. Kedatangan Prabowo, kata dia, hanya murni sebagai perwakilan pemerintah pusat.

"Kita sampaikan bahwa tidak ada warna soal politik. Ini adalah murni kegiatan pemerintahan terkait program Sulsel Anti Mager yang diinisiasi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman," katanya.  

3. Prabowo bangga karena diundang

Ada Prabowo di Jalan Sehat Sulsel, Sudirman Klaim Tak Terkait PolitikSuasana kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Prabowo merasa bangga karena diundang dalam rangka memperingati HUT- 354 tahun Sulawesi Selatan (Sulsel) sekaligus 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Di malam sebelumnya, dia sudah lebih dulu menghadiri gala dinner bersama sekitar 2.000 kepala desa dan lembang se-Sulsel.

"Saya sangat bangga diundang dalam rangka memperingati ulang tahun ke-354 Provinsi Sulawesi Selatan . Dari tadi malam mengikuti acara bersama kepala desa. Hari ini melepas gerak jalan anti mager," kata Prabowo.

Prabowo menilai kegiatan Anti Mager sangat baik karena menggerakkan semua rakyat untuk memelihara kondisi kesehatan. Dia pun merasa gembira dapat melihat semangat kebersamaan dan kerukunana masyarakat Sulsel di kegiatan jalan sehat ini.

Probowo bahkan mengaku ingin banyak belajar dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Menurutnya, Sudirman memiliki banyak inisiatif luar biasa misalnya dalam meningkatkan produksi pangan, memperbaiki infrastruktur dan mengutamakan pendidikan SDM.

"Luar biasa terobosan menggunakan teknologi untuk sampai ke semua sekolah di semua daerah. Saya kira ini harus jadi pelajaran untuk daerah-daerah lain. Saya pun ingin belajar," kata Prabowo.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya