8 Investor Masukkan Penawaran Proyek Sampah Jadi Listrik di Makassar 

Didominasi perusahaan asing

Makassar, IDN Times - Delapan dari 36 calon investor proyek Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Listrik (PSEL) Makassar telah memasukkan dokumen penawaran hingga 23 November 2022. Dari 8 perusahaan tersebut, beberapa di antaranya adalah perusahaan asing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady, mengatakan dari 8 perusahaan itu, 7 di antaranya adalah konsorsium. Namun dia mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari negara mana mereka berasal.

"Jadi, ada 8 calon investor. Kami berharap 8 ini semuanya harus verifikasi dokumen itu semua memenuhi kualifikasi sehingga untuk masuk di tahap berikutnya tender itu bisa masuk," kata Puspa, Minggu (4/12/2022).

1. Masih dalam tahap evaluasi dokumen

8 Investor Masukkan Penawaran Proyek Sampah Jadi Listrik di Makassar ilustrasi lelang (Pixabay.com/Mudassar Iqbal)

Untuk saat ini, proyek PSEL masih dalam tahap evaluasi dokumen oleh panitia pemilihan. Tim panitia pemilihan akan berdiskusi kembali dengan para ahli dan profesor sesuai dengan bidang keilmuannya.

Hasil dari diskusi itulah yang nantinya akan diumumkan ke publik. Puspa mengatakan pihaknya juga sementara menunggu hasil diskusi panitia pemilihan.

"Kita juga tidak bisa mengintervensi apa yang sementara dilakukan panitia pemilihan. Kami di kesekretariatan, begitu ada permintaan dari panitia pemilihan, kita fasilitasi untuk bisa ditindaklanjuti segera," jelas Puspa.

2. Perusahaan pemenang tender diumumkan April 2023

8 Investor Masukkan Penawaran Proyek Sampah Jadi Listrik di Makassar ilustrasi lelang (Pixabay.com/mohamed Hassan)

Jika berjalan sesuai rencana, maka perusahaan pemenang tender proyek PSEL akan diumumkan April 2023 mendatang. Setelah penetapan pemenang ini, ada tahapan bagi investor yakni feasibility study atau study kelayakan. 

Kemudian, ada proses koordinasi dengan pemerintah pusat terkait kerja sama dan jaminan pembelian listrik bersama PLN, termasuk tipping fee.

"Kalau tidak ada halangan, di bulan April 2023, kami sudah punya calon investor yang terpilih," kata Puspa, beberapa waktu lalu.

3. Kriteria calon investor

8 Investor Masukkan Penawaran Proyek Sampah Jadi Listrik di Makassar Ilustrasi investor (IDN Times/Aditya Pratama)

Pengerjaan fisik proyek tersebut bergantung pada pengurusan kelengkapan dokumen dari pemenang tender. Pasalnya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, seperti dokumen perizinan, AMDAL, pembicaraan dengan PLN, termasuk hasil feasibility study.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para calon investor yang telah tercantum dalam kerangka acuan kerja (KAK). Di antaranya yakni perusahaan memiliki kesanggupan keuangan, memiliki teknologi terbaru yang ramah lingkungan, dan sudah pernah mengelola satu proyek PSEL atau semacamnya, baik di Indonesia maupun luar negeri.

"Memang yang serius, yang punya modal, dan punya kemampuan teknologi dan pengalaman karena ini proyek kisarannya nilainya di angka Rp3,5 triliun," kata Puspa.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya