796 Calon Anggota PPS Makassar Ikuti Tes Wawancara

Tes wawancara berlangsung selama 3 hari

Makassar, IDN Times - Usai mengikuti tahapan tes tertulis, KPU Makassar telah mengumumkan nama-nama calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024. Sebanyak 796 orang pun mengikuti tahapan tes wawancara.

Komisioner KPU Makassar, Abdi Goncing, mengatakan seleksi administrasi menghasilkan 1.058 pendaftar untuk masuk dalam tes tertulis. Saat tes tertulis pada 17-18 Mei 2024 lalu, hanya 955 pendaftar yang mengikuti tes dan 103 lainnya tidak mengikuti tes.

"Dari 955 itu kemudian dinyatakan lulus untuk masuk tahap wawancara yang dilaksanakan 21 Mei sampai 23 Mei 2024," kata Abdi, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga: KPU Targetkan 65 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada Makassar 2024

1. Sebanyak 159 peserta gugur saat tes tertulis

796 Calon Anggota PPS Makassar Ikuti Tes Wawancarailustrasi PPS Pilkada 2024 (dok. ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Hanya saja, jumlah calon anggota PPS yang mengikuti tahap seleksi wawancara ini sebanyak 796 peserta. Hal itu karena ada 159 peserta lainya yang dinyatakan gugur melalui mekanisme pe-ranking-an saat tes tertulis.

"Dari 796 orang yang masuk tes wawancara yang tak lulus ada dua kategori. Ada sebabyak 262 orang yang tidak lulus. Di antaranya tidak ikut ujian 103 orang dan tidak lulus melalui prosea pe-ranking-an 159 orang. Karena yang diambil adalah dua kali kebutuhan saja," kata Abdi.

2. Tiga kelurahan kekurangan pendaftar

796 Calon Anggota PPS Makassar Ikuti Tes WawancaraKoordinator Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Makassar, Abdi Goncing. IDN Times/Ashrawi Muin

Abdi mengatakan idealnya yang mengikuti tahapan wawancara sebanyak 918 orang. Hanya saja selain ada yang tak lulus, rupanya ada sejumlah kelurahan yang pendaftar calon anggota PPS-nya hanya 3 orang. 

"Meskipun ada kelurahan yang memiliki 3 pendaftar kalau dari segi jumlah, PPS di Makassar kan 459 orang. Mestinya kalau kita bagi dua jumlahnya 918 yang harusnya masuk dalam tahap wawancara. Cuma ada beberapa yang tidak lulus ada ada beberapa kelurahan yang terisi cuma 3 pendaftar," katanya.

3. Calon anggota PPS bisa diusulkan

796 Calon Anggota PPS Makassar Ikuti Tes WawancaraKomisioner KPU Makassar Abdi Goncing. (IDN Times/Istimewa)

Ada beberapa kelurahan pendaftar PPS-nya tidak mencukupi kebutuhan. Abdi mengatakan, dalam regulasi setelah pelantikan, KPU Makassar bisa bekerja sama dengan lembaga pendidikan, pemantau pemilu, pemerhati pemilu, termasuk media.

Tujuan dibangunnya kerja sama itu agar pihak-pihak tersebut dapat memberikan nama-nama yang layak untuk menjadi anggota PPS baik dari segi pengetahuan kepemiluan maupun track record-nya. 

"Karena dari yang 3 pendaftar di beberapa kelurahan itu mungkin saja ada yang tidak lolos apakah ada tanggapan masyarakat yang tidak bisa ditolerir sehingga dia harus kita gugurkan," kata Abdi.

Baca Juga: KPU Pastikan Pilkada Makassar Tanpa Bakal Calon Perseorangan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya